Iker Casillas: "Ini Semua Salah Saya"Bahia – Iker Casillas mengaku jika dirinyalah yang patut disalahkan atas kekalaham memalukan Spanyol dari Belanda yang terjadi semalam. Seperti dilansir dari BBC (Sabtu, 14/6/2014), kubu Spanyol sebenarnya unggul dalam penguasaan bola dan bahkan memimpin 1-0 terlebih dahulu. Namun sayang, lemahnya koordinasi di lini belakang dan buruknya antisipasi Casillas membuat Belanda lah yang berpesta di akhir dengan skor 5-1.

Casillas mengakui jika dirinya sedang tidak berada di level yang seharusnya. Dua gol yang lahir dari Robin van Persie sebenarnya bisa diantisipasi seandainya Casillas bisa lebih fokus. Semenetara tiga gol Belanda lainnya yang lahir dari De Vrij dan Arjen Robben murni karena kesalahan pemain belakang Spanyol yang berisikan Sergio Ramos dan Gerard Pique.

Kendati demikian, Casillas mendapatkan pembelaan dari sang pelatih, Vicente del Bosque. Menurut pelatih yang menjadi aktor dibelakang Spanyol kala menjuarai Piala Dunia 2010 ini, kekalahan telak Spanyol tidak bisa dibebankan di pundak Casillas.

“Saat tim mengalami kekalahan, kesalahan tidak bisa dibebankan kepada satu pemain, ini adalah kesalahan setiap orang di skuat,” tegas Del Bosque.

Del Bosque juga mengisyaratkan Casillas akan tetap menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang kendati masih ada Pepe Reina dan David de Gea di bangku cadangan. Laga Spanyol berikutnya adalah melawan Chile sebelum melawan Australia di laga pamungkas babak penyisihan grup. (Choirul Anam – www.harianindo.com)