Serangan Jet Tempur Pakistan Tewaskan Militan di Waziristan UtaraIslamabad – Pakistan melaporkan bahwa militernya telah melakukan serangan udara menggunakan pesawat jet tempur ke wilayah Waziristan Utara. Seperti dilansir dari BBC (Minggu, 15/6/2014), serangan yang ditujukan ke sebuah persembunyian militan tersebut menewaskan 100 orang anggota militan. Namun demikian, laporan ini belum sepenuhnya dikonfirmasi.

Serangan udara ini dilancarkan di sebuah area pegunungan Dehgan di wilayah Waziristan Utara. Area tersebut dikenal sebagai lokasi pertahanan utama kelompok Taliban dan militan-militan lainnya yang terkait dengan Al-Qaeda.

Laporan resmi mengatakan bahwa mereka yang tewas merupakan orang-orang asal Uzbek dan beberapa lainnya juga pejuang dari luar negeri. Serangan ini merupakan yang kedua kali dilancarkan dalam seminggu terakhir ke wilayah tersebut sebagai respon atas serangan militan ke Bandara Internasional Karachi.

Serangan yang dilancarkan oleh kelompok Taliban Pakistan (TTP) terhadap bandara tersibuk kedua di Pakistan tersebut menewaskan setidanya 30 orang. Taliban mengatakan bahwa serangan tersebut adalah bentuk balas dendam atas pembunuhan terhadap pemimpin mereka tahun lalu.

Serangan membabi buta ke bandara tersebut sekaligus membubarkan usaha pembicaraan damai antara Pemerintah Pakistan dengan Taliban. Pemerintah Pakistan yang semula beritikat baik untuk menyelesaikan konflik secara damai pun akhirnya geram juga. Usaha dialog damai yang dimulai sejak Maret lalu itu tak juga menghasilkan perkembangan yang berarti hingga akhirnya berujung pada serangan tersebut. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)