Militer Pakistan Lakukan Operasi Komprehensif ke Wilayah Waziristan Utara

Militer Pakistan dan kendaraan tempurnya menuju Waziristan Utara.
(sumber foto: AFP)

Islamabad – Pihak Militer Pakistan melaporkan bahwa mereka tengah melancarkan operasi komprehensif melawan militan di wilayah Waziristan Utara, dekat perbatasan dengan Afghanistan. Seperti dilansir dari BBC (Minggu, 15/6/2014), operasi militer tersebut dilakukan hanya beberapa jam saja dari serangan pesawat jet tempur yang dilancarkan militer Pakistan ke wilayah tersebut. Operasi militer ini melibatkan Angkatan Udara dan Angkatan Darat, serta menggunakan peralatan tempur macam artileri dan tank.

Tank dan kendaraan tempur lain dalam jumlah besar dikerahkan dalam operasi militer ke wilayah Utara ini. Semenjak serangan oleh kelompok Taliban Pakistan ke Bandara Internasionl Karachi, wilayah Waziristan Utara telah digempur serangan udara oleh militer Pakistan.

Belum jelas berapa personil yang diturunkan dalam operasi ini. Pernyataan resmi dari pihak militer mengatakan bahwa Pemerintah Pakistan telah memerintahkan pasukan bersenjata untuk melakukan operasi secara komprehensif melawan teroris lokal maupun luar negeri yang tengah bersembunyi di Waziristan Utara.

Laporan perkembangan terbaru mengatakan bahwa pasukan Pakistan ini telah mengepung markas milisi di Kota Mirali dan Miranshah. Pasukan pengaman perbatasan Afghanistan juga dimintai kerjasamanya yaitu dengan memperketat area perbatasan. Tidak disebutkan apakah pertempuran terbuka telah dimulai atau belum.

Adapun Pemerintah Pakistan sebenarnya telah mengusahakan pembicaraan damai dengan kelompk Taliban Pakistan. Namun perkembangan yang sangat lambat ditambah masih saja terjadi serangan bersenjata akhirnya membuat pihak pemerintah mengambil langkah tegas dengan operasi militer ini. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)