Demonstran Brasil Bakar Bendera Amerika SerikatNatal – Sekitar 400 demonstran terlihat memenuhi jalan di kota Natal, Brasil, saat laga antara Ghana melawan Amerika Serikat akan berlangsung. Seperti dilansir dari Forbes (Selasa, 17/6/2014), dalam demonstrasi ini, terlihat beberapa demosntran membakar bendera dari Amerika Serikat dan mengancam fans Amerika Serikat yang tengah dalam perjalanan menuju stadion untuk menyaksikan tim negaranya beraksi.

Beberapa pendemostran yang diduga memicu pembakaran bendera pun segera ditahan oleh pihak yang berwenang di Natal. Alasan dibalik pembakaran bendera ini belakangan diketahui disebabkan oleh hadirnya Wakil Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, di laga Ghana melawan Amerika Serikat. Warga Brasil terutama mereka yang menentang keras pelaksanaan Piala Dunia memang diketahui memiliki kebencian terhadap negara adi daya tersebut.

Selain membakar bendera Amerika Serikat, massa juga diketahui membakar bendera badan sepakbola tertinggi dunia, FIFA. Isu keamanan di Brasil memang tengah disorot oleh dunia karena begitu tingginya angka demonstrasi menolak pergelaran Piala Dunia yang masih dilakukan justru saat Piala Dunia tengah berlangsung.

Demonstrasi lainnya terjadi juga di dekat stadion yang menampilkan laga Iran melawan Nigeria di kota Curitiba. Pihak keamanan Brasil pun mendirikan barikade agar jarak antara demonstran dan stadion tidak terlampau dekat. (Choirul Anam – www.harianindo.com)