iPhone 6 Akan Dilengkapi Sensor BarometerCalifornia – Selain hadir dengan dua tipe layar yang lebih besar, desain lebih tipis dan dibuat dengan bahan baru, iPhone 6 juga dikabarkan akan dilengkapi oleh sensor baru, yaitu sensor barometer. Seperti dilansir dari 9to5Mac (Rabu, 18/6/2014), Apple diprediksi bakal melengkapi iPhone 6 dengan sensor barometer.

Informasi terkait sendor barometer itu sendiri didapat dari SDK (Software Development Kit) dari iOS 8. Dalam SDK tersebut terdapat CoreMotion API baru yang berisikan info terkait sensor barometer yang hanya dapat dioperasikan di perangkat iPhone 6. Sementara generasi iPhone yang lebih lawas seperti iPhone 5s tidak dapat mendukung aplikasi sensor ini karena CoreMotion API tersebut merupakan framework baru yang nantinya juga membutuhkan hardware baru untuk mengoperasikannya.

iPhone 6 Akan Dilengkapi Sensor BarometerSensor barometer tersebut merupakan sensor yang memiliki kemampuan mengukur ketinggian, suhu dan cuaca yang didapat dengan membaca tekanan udara. Sensor ini tampaknya akan sangat berguna bagi penyuka kegiatan outdoor, seperti surveyor lapangan, pesepeda, pendaki gunung dan banyak kegiatan lain yang membutuhkan informasi tentang perubahan cuaca sekitar secara akurat dari tekanan udara.

Kabarnya Apple akan merilis iOS 8 dan iPhone 6 secara bersamaan pada September nanti. Dengan iPhone 6 berlayar 4,7 inch yang pertama dirilis, baru kemudian menyusul iPhone 6 dengan layar safir ukuran 5.5 inch di akhir tahun. (Choirul Anam – www.harianindo.com)