Nokia Lumia 635 Meluncur dengan Harga $189Espoo – Nokia Lumia 635 telah meluncur dipasaran. Smartphone berteknologi 4G tersebut dibanderol dengan harga $189, atau sekitar Rp 2,26 jutaan.

Seperti dilansir dari GSM Arena (Minggu, 22/6/2014), Nokia Lumia 635 4G akan menjalankan Windows Phone 8.1 dengan segala macam kelengkapannya. Salah satu fitur yang baru saja dilepas oleh Microsoft adalah Cortana, sebuah “digital personal assistant“ yang mampu membantu navigasi konsumen dalam mengeksplor fungsi-fungsi Windows dalam smartphone ini. Cortana sendiri memiliki fungsi yang kurang lebih serupa dengan layanan Siri dan Google Now.

Nokia Lumia 635 memiliki layar Gorilla Glas 4,5-inchi, berprosesor quad-core 1,2GHz, dan sesuai dengan tradisi Nokia, meluncur dalam beberapa variasi warna cerah. Warna casing atau bodi ini bisa juga diganti-ganti bila konsumen bosan dengan warna lamanya, mengganti suasana, atau bahkan mix-match dengan warna pakaian.

Adapun poin terlemah yang paling besar dari Nokia Lumia 635 ini adalah pada bagian RAM. Smartphone ini hanya memiliki RAM sebesar 512MB. Ukuran RAM sebesar ini mungkin sudah cukup untuk menjalankan Windows Phone 8.1 dengan lancar. Namun demikian, ukuran RAM tersebut jelas membatasi tipe-tipe aplikasi apa saja yang bisa di-instalkan ke dalam smartphone tersebut, serta membatasi berapa jumlah aplikasi yang bisa dijalankan dalam satu waktu. Sehingga, beberapa aplikasi yang membutuhkan pemrosesan grafis yang intesif, seperti misalnya game-game “berat”, jelas tidak bisa di-instalkan di Lumia 635.

Kekuatan terbesar dari produk ini jelas adalah konektivitas 4G LTE – nya. Teknologi ini jelas membuat Lumia 635 menonjol di antara smartphone sekelasnya.

Nokia Lumia 635 saat ini baru dirilis di pasar Eropa dan Asia Pasifik. Pasar Amerika harus menunggu beberapa saat lagi untuk menjajal produk ini. (Rani Soraya – www.harianindo.com)