Spesifikasi dan Harga HTC Nexus 9 Bocor

(sumber foto: Android Police)

Taoyuan – Telah banyak beredar bahwa perusahaan smartphone asal Taiwan, HTC, bekerjasama dengan Google mengembangkan tablet Nexus. Isu-isi tersebut juga mengatakan bahwa sebuah perangkat berukuran 8-inchi atau 8,9-inchi akan segera muncul, dan akan diproduksi oleh HTC, bukan oleh Asus. Asus sendiri merupakan pemroduksi Nexus 7.

Seperti dilansir dari GSM Arena (Minggu, 22/6/2014), spesifikasi dan harga dari tablet terbaru Nexus tersebut pun telah bocor. Produk yang kemungkinan akan diberi nama Nexus 9 pada saat peluncuran resminya tersebut, memiliki codename Violantis (atau Flounder).

Nexus 9 akan muncul dengan layar berukuran 8,9-inchi. Resolusinya pun dinilai sedikit aneh, yakni 2048×1440. Resolusi ini keluar dari pakem rasio layar 16:10 yang diterapkan pada Nexus sebelumnya. Resolusi tersebut lebih dekat ke proporsi iPad, namun juga tidak 4:3 seperti tablet keluaran Apple.

Nexus 9 dikatakan akan memiliki chipset Nvidia Tegra K1 64-bit, RAM sebesar 2GB, dan kapasitas penyimpanan sebesar 16 atau 32GB. Produk ini juga memiliki kamera 8-megapixel di bagian belakang dengan fitur “image stabilizarion”, dan kamera 3-megapixel di bagian depan.

Nexus 9 juga akan dibalut dengan konstruksi bodi “zero-gap aluminium” (aluminium tanpa celah). Tablet ini akan memiliki dimensi 226,3 x 151,9 x 7,9 mm. Terdapat dua varian berat, 418g untuk veris Wi-Fi, dan 427g untuk bersi 4G LTE.

Untuk urusan harga, Nexu 9 dilepas dengan $399 (Rp 4,7 jutaan) untuk varian storage 16GB, dan $499 (Rp 5,9 jutaan) untuk varian storage 31GB. Dua harga tadi hanya untuk model Wi-Fi. Untuk model 4G LTE, terdapat dua varian lagi dengan harga di atas $600 (Rp 7,18 jutaan).

Melihat angka terakhir tersebut, maka Nexu 9 akan sama mahalnya dengan iPad Mini dengan Retina Display. Langkah ini dinilai cukup berani diambil oleh HTC dan Google, mengingat produk-produk Nexus sebelumnya dibanderol dengan harga yang relatif lebih murah dibanding kompetitornya. (Rani Soraya – www.harianindo.com)