Hasil Piala Dunia: Meksiko Singkirkan KroasiaRecife – Meksiko dipastikan menemani tuan rumah Brasil sebagai perwakilan dari Grup A di fase 16 besar Piala Dunia 2014 setelah semalam mengalahkan Kroasia dengan skor 3-1 di Arena Pernambuco. Seperti dilansir dari The Guardian (Senin, 23/6/2014), tiga gol Meksiko secara luar biasa lahir dalam kurun waktu sepuluh menit di babak kedua. Kemenangan ini memastikan Meksiko maju ke fase knock off dengan status sebagai runner up Grup A.

Kedua tim tampil saling menekan sejak awal pertandingan mengingat hasil imbang tak akan menjadi hasil yang baik. Ivan Rakitic, Ivica Olic, Ivan Perisic di kubu Kroasia bergantian mengancam gawang Meksiko sementara Hector Herrera, Giovani dos Santos dan Marquez juga bergantian mengancam gawang Kroasia. Meski berjalan dengan tempo cepat dan tensi tinggi, tak ada satupun gol lahir di babak pertama.

Di babak kedua, situasi tidak berubah banyak. Kroasia dan Meksiko tetap saling menyerang meski penguasaan bola sedikit lebih banyak di kubu Kroasia. Keadaan menjadi berubah ketika pelatih Miguel Herrera di kubu Meksiko mengganti Dos Santos denagn Javier Hernandez.

Pemain dengan nama panggilan Chicharito ini pun langsung membuat Meksiko mendominasi permainan. Sejumlah peluang pun tercipta. Stadion yang diisi oleh mayoritas fans Meksiko langsung bergemuruh ketika Marquez memecah kebuntuan di menit 72. Marquez sukses menyarangkan bola ke gawang Stipe Pletikosa melalui sundulan di situasi tendangan penjuru.

Guardado pun bisa menambah keunggulan menajdi 2-0 tiga menit berselang. Chicharito membuat Meksiko berpesta di menit 82. Di menit 87, Perisic membuat gol hiuburan bagi Kroasia dan ini menjadi gol penutup di laga ini. Laga sempat dicemari oleh kartu merah yang diterima Ante Rebic setelah terlihat sengaja menendang kaki Pena yang tidak memegang bola. (Choirul Anam – www.harianindo.com)