Google Resmi Akuisisi Songza, Layanan Streaming Musik, Senilai USD 15 JutaCalifornia – Google akhirnya dikabarkan telah resmi mengakuisisi Songza, sebuah layanan streaming musik, pada Selasa (1/7). Hingga saat ini belum ada konfirmasi resmi dari Google tentang jumlah nilai dari akuisisi ini, namun beberapa pihak memperkirakan bahwa jumlahnya mencapai USD 15 juta atau setara dengan sekitar Rp 463 M. Langkah Google untuk mengakuisisi Songza dipercaya untuk menyaingi langkah serupa yang telah diambil lebih dulu oleh Apple dengan mengakuisisi Beats Music.

Seperti dilansir dari Ubergizmo (Selasa, 1/7/2014), kabar terkait akusisi ini memang telah terdengar sejak bulan lalu. Raksasa di bidang teknologi ini tertarik dengan ‘kemampuan’ yang ditawarkan Songza yang mampu menciptakan mix atau campuran musik berdasar berbagai tema atau lagu, seperti suasana hati pengguna ataupun ramalan cuaca.

Pendiri Songza, Elias Roman, mengungkapkan bahwa meskipun telah resmi diakuisisi tidak akan terjadi perubahan dari segi layanan yang disediakan oleh Songza. Ia menambahkan jika akuisisi ini justru akan membuat Songza lebih cepat dalam memberi pelayanan, lebih ‘pintar’ dalam berinovasi dan akan lebih menyenangkan untuk dinikmati.

Google sendiri mengungkapkan jika tidak berencana untuk mengubah konsep yang telah dimiliki Songza, namun mungkin ke depannya akan menggabungkan dengan layanan lain, seperti YouTube ataupun Google Play. (Choirul Anam – www.harianindo.com)