Apple Gandeng 8 Produsen Otomotif Baru Dalam Daftar Partner CarPlayCalifornia – Setelah Senin (30/6) kemarin baru saja dikabarkan telah menjalin kerjasama dengan Audi terkait pengembangan CarPlay, kini Apple lagi-lagi dikabarkan telah menggandeng delapan nama baru pabrikan mobil mewah dan ternama ke dalam daftar partner yang akan mendukung sistem CarPlay. Seperti dilansir dari Ubergizmo (Selasa, 1/7/2014), delapan pabrikan baru tersebut adalah Alfa Romero, Chrysler, Abarth, Dodge, Jeep, Fiat, Mazda dan Ram.

Apple sendiri sebelumnya telah memperkenalkan aplikasi CarPlay pada 2013 silam, namun secara resmi meluncurkan system entertainment dalam kendaraan ini pada bulan Maret 2014 lalu, bersamaan dengan dirilisnya iOS 7.1. Saat ini fitur CarPlay baru kompatibel dengan perangkat iPhone 5/5s/5c.

Dengan ditambahkannya delapan nama baru tersebut, maka makin banyak saja merek mobil yang telah menyatakan dukungan. Kini jumlah yang terdaftar telah mencapai 29 merek. Dengan lima di antara pabrikan yang paling awal menyatakan ketertarikannya adalah Mercedes Benz, Honda, Ferrari, Hyundai dan Volvo. Lima pabrikan tersebut akan menjadi merek mobil yang pertama mencicipi system CarPlay untuk tahap pertama dirilis tahun 2014 ini. Sementara beberapa merek lain baru dapat menikmati CarPlay setidaknya pada tahun 2015 mendatang.

Sementara itu persaingan Google dan Apple tampaknya juga akan merambah ke bidang otomotif, setelah pada pekan lalu Google juga telah mengumumkan Android Auto untuk menyaingi CarPlay keluaran Apple. (Choirul Anam – www.harianindo.com)