Hamas Umumkan Gencatan Senjata di Gaza

Israel menurunkan pasukannya di jalur Gaza.
(sumber foto: AFP)

Jerusalem – Gencatan senjata antara Hamas dan Israel akan segera diumumkan menyusul terjadinya “pertukaran” serangan di sepanjang Jalur Gaza. Seperti dilansir dari BBC (Jumat, 4/7/2014), sebuah sumber informasi yang berasal dari kubu militan Palestina mengatakan bahwa perjanjian gencatan senjata ini dimediasikan oleh pejabat intelijen Mesir.

Dalam beberapa hari terakhir, roket yang meluncur dari sekitar Gaza telah menghantam wilayah selatan Israel. Pihak Israel pun merespon dengan serangan udara.

Informan asal Hamas tersebut mengatakan kepada BBC bahwa kontak secara intensif sedang dilakukan antara kelompok tersebut dengan mediator asal Mesir tadi. Dan proses dialog tersebut pun akhirnya berhasil menemui kata sepakat antara Hamas dan Israel, dan gencatan senjata di antara keduanya akan segera diumumkan. Hamas siaps edia menghentikan serangan roketnya, dan sebagai balasan, Israel pun akan menghentikan serangan udaranya.

Sementara itu, tensi juga sedang meninggi di wilayah Timur Jerusalem terkait rencana upacara pemakaman dari remaja Palestina yang menjadi korban pembunuhan. Telah terjadi bentrok antara massa berpenutup muka asal Palestina dengan kepolisian dalam dua hari terakhir ini, terkait kasus pembunuhan remaja 17 tahun bernama Mohammed Abu Khdair tersebut.

Sampai saat ini, baik pelaku dan motif pembunuhan ini juga masih menjadi misteri. Beberapa pihak berpendapat bahwa pembunuhan remaja Palestina ini merupakan bentuk balas dendam atas kasus pembunuh tiga remaja Israel yang sebelumnya sempat terjadi. Kasus tersebut pun masih dalam tahap penyelidikan. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)