Roket Taliban Sasar Tanker Minyak Kabul

Api dan asap tebal dari truk tanker minyak masih terlihat hingga Sabtu pagi.
(sumber foto: AFP)

Kabul – Kelompok Taliban di Afghanistan telah mengatakan bahwa pihaknya telah melancarkan serangan terhadap ratusan tanker minyak yang berada tak jauh dari Ibukota Afghanistan, Kabul. Dan seperti dilansir dari BBC (Sabtu, 5/7/2014), belum jelas apakah terdapat korban jiwa dalam penyerangan yang terjadi pada Jumat malam tersebut.

Dilaporkan bahwa petugas pemadam kebakaran telah berjuang keras semalaman untuk menjinakkan api. Namun kobaran api dan asap tebal masih terlihat hingga Sabtu pagi ini.

Truk-truk tanker pengangkut minyak tersebut sejatinya akan mengantarkan suplai minyak ke pasukan Nato yang bertugas di Afghanistan. Serangan tersebut terjadi ketika mereka bersamaan parkir di sebuah wilayah di dekat Kabul.

Pejabat kepolisian setempat melaporkan bahwa sekitar 400 truk tanker minyak terbakar. Pihak kepolisian saat ini tengah menyelidiki penyebab kebakaran tersebut, meski pihak Taliban telah mengakui bahwa mereka telah menembakkan roket ke arah lokasi kejadian.

Adapun pernyataan Taliban tersebut disampaikan oleh juru bicara mereka, Zabihullah Mujahid. Dirinya mengatakan bahwa target mereka adalah tanker-tanker minyak yang ditujukan untuk mensuplai pasukan-pasukan militer asing di Afghanistan. Dan meski serangan terhadap tanker minyak milik Nato merupakan hal yang “biasa” di Pakistan, serangan seperti ini sangat jarang terjadi di Afghanistan.

Insiden ini terjadi di tengah masa pemilihan umum presiden di Afghanistan yang tinggal menunggu pengumuman akhir mengenai siapa yang akan menggantikan Presiden Afghanistan saat ini, Hamid Karzai. Pemilu ini tak hanya diwarnai masalah klasik seperti kecurangan voting dan penggelembungan suara, namun juga dihantui oleh serangan-serangan yang dilancarkan oleh Taliban, yang memang berkomitmen untuk mengganggu proses pemilu tersebut. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)