Presiden Ukraina Puji Militer yang Sukses Ambil Alih Markas Separatis Pro-Rusia

Tentara Pemerintah Ukraina berpose setelah bendera Ukraina berkibar kembali di Sloviansk.
(sumbe foto: AP)

Kiev – Presiden Ukraina, Petro Poroshenko, memuji kinerja militer Ukraina yang berhasil mengambil alih markas kelompok separatis pro-Rusia di Kota Sloviansk. Dan seperti dilansir dari BBC (Sabtu, 5/7/2014), pencapaian ini bisa dikatakan sebagai titik balik menuju kesuksesan bagi militer Ukraina setelah melalui konflik selama tiga bulan.

Presiden Poroshenko mengatakan bahwa pencapaian ini bukan kemenangan sepenuhnya, namun merupakah sebuah momen simbolis yang sangat penting dalam operasi militer di Timur Ukraina tersebut. Menurutnya, dibersihkannya Sloviansk dari kelompok separatis bersenjata merupakan salah satu awal titik balik dari pertempuran melawan kelompok tersebut.

Kelompok separatis pro-Rusia dilaporkan mulai menarik diri setelah Sloviansk dihujani tembakan mortar semalam penuh. Pemimpin kelompok separatis tersebut, Igor Strelkov, juga ikut mundur bersama anggotanya.

Adapun wilayah yang berhasil diambil kembali oleh Pasukan Pemerintah Ukraina kini semakin meluas sejak operasi militer kembali dilanjutkan minggu ini di sekitar wilayah Donetsk dan Luhansk. Pejabat Ukraina mengatakan bahwa setelah militer benar-benar telah mengendalikan keamanan di wilayah yang berhasil terebut kembali, maka bantuan kemanusiaan untuk warga di sana akan segera disalurkan.

Kelompok separatis saat ini masih mengendalikan dua ibukota daerah serta mengontrol beberapa lokasi penting. Sloviansk sendiri sebelumnya termasuk ke dalam kota penting bagi kelompok separatis tersebut, dan merupakan salah satu pusat militer dari kelompok People’s Republic of Donetsk.

Pemerintah Ukraina juga sebelumnya telah mengklaim berhasil mengambil kembali dua kota kecil lainnya di wilayah tersebut. Selain itu, Kota Kramatorsk, yang berada di dekat Sloviansk juga berhasil dibebaskan dari kelompok separatis. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)