Pemimpin ISIL Muncul di Sebuah VideoBaghdad – Pemimpin ISIL, Abu Bakr Al-Baghdadi, akhirnya muncul untuk pertama kalinya di depan umum dalam sebuah video. Seperti dilansir dari BBC (Sabtu, 5/7/2014), dalam video tersebut, Al- Baghdadi melakukan khtobah, yang pada intinya mengajak seluruh Muslim untuk berjuang bersamanya.

Al-Baghdadi memang belum pernah muncul dalam video apapun sebelumnya, meski fotonya sudah banyak beredar. Adapun video tersebut diambil saat Al-Baghdadi memberikan khotbahnya pada Sholat Jumat di Masjid Al-Nouri, Kota Mosul, Selatan Irak. Rekaman ini kemudian muncul ke permukaan setelah mencuatnya isu yang mengatakan bahwa Al-Baghdadi telah tewas akibat sebuah serangan udara yang dilancarkan oleh militer Irak. Tidak jelas kapan serangan tersebut dilakukan, dan apakah berita kematian tersebut benar atau hanya isu.

Dalam khotbahnya, Al-Baghdadi memuji bagaimana pembangunan negara Islam di Irak. ISIL sendiri telah mendeklarasikan pembentukan negara Islam ini pada hari Minggu minggu lalu.

Al-Baghdadi sendiri telah ditunjuk sebagai khalifah oleh ISIL dan seluruh kelompok pendukungnya. Pengaruh Al-Baghdadi inipun konon telah terasa di sebagian besar wilayah Irak dan bahkan Suriah.

Sang pemimpin tersebut mengatakan bahwa menunjuk pemimpin yang tepat adalah kewajiban bagi seluruh umat Muslim. Kewajiban ini menurutnya telah gagal dilakukan oleh umat Muslim di Irak selama ini.

Al-Baghdadi pun mengatakan bahwa sebenarnya dirinya tak mencari posisi khalifah atau pemimpin, karena hal itu merupakan beban yang sangat berat. Dia juga menambahkan bahwa meski ditunjuk pemimpin, dirinya tak lebih baik dari anggota ISIL lainnya, oleh karenanya, dia perlu dukungan dari seluruh umat. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)