Recall Honda MeluasCalifornia – Pada akhirnya apa yang tidak diinginkan oleh pabrikan otomotif mobil Honda terjadi juga. Hal ini dikarenakan pihak Honda harus melakukan recall atas airbag yang ada di wilayah negara bagian California dengan cakupan untuk regional Amerika Serikat (AS).

Seperti yang dikutip dari halaman Reuters, Kamis (10/7/2014), bahwa perluasan recall ini menyusuk setelah adanya keluhan masalah airbag kepada pabrikan mobil asal Jepang ini dikarenakan terjadinya kecelakaan yang membuat pengendaranya cidera.

Pada airbag tersebut diproduksi oleh sebuah produsen airbag yang terkemuka, yaitu Takata Corp yang memang beberapa waktu belakangan ini sedang menjadi sorotan dunia dikarenakan airbag produksinya memiliki potensi menimbulkan masalah.

Sebagai infomrasi bahwa di tahun 2005telah terjadi kecelakaan yang ada di California yang menyebabkan pihak Honda harus melakukan recall. Hal ini dikarenakan pihak pengguna Accord mengajukan gugatan ke Badan Keselamatan Lalu Lintas Nasional AS atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA).

Dimana didalam gugatannya menyebutkan bahwa airbag yang ada didalam mobil tersebut seperti ditembakkan dengan sebuah logam panas kemudian meledak menyebabkan timbulnya tabrakan di kecepatan rendah.

Akibatnya pengemudi mendapatkan luka bakar yang cukup serius hingga memar dan juga lecet di bagian lengan dan kaki. Sayangnya sampai saat ini belum diketahui berapa unit mobil Honda yang ada di wilayah California yang akan ditarik.

Namun didalam recall regional. [ihak Honda telah menarik sekitar 6 juta unit mobil dengan tercatat 2 orang meninggal dunia. Recall regional ini akan berlaku untuk jenis mobil Accord tahun 2001-2007, Civic 2001-2005 serta CR-V 2002-2006 untuk kemudian dilakukan perbaikan atas airbag-nya. (Choirul Anam – www.harianindo.com)