Penjualan Gabungan PS4, PS3, dan PS Vita Capai 100 Juta UnitTokyo – Penjualan Playstation 3 di pasar internasional memang telah menunjukkan hasil yang cukup impresif beberapa tahun lalu. Sukses tersebut pun nampaknya juga akan segera diikuti oleh generasi berikutnya, yakni Playstation 4, serta konsol handheld mereka, PS Vita, yang telah membukukan angka penjualan yang luar biasa hanya dalam hitungan bulan.

Seperti dilansir dari Gamsepot (Rabu, 9/7/2014), baru-baru ini pihak Sony merilis video yang menunjukkan bahwa penjualan gabungan dari konsol-konsol mereka, PS3, PS4, dan PS Vita telah mencapai angka fantastis, yakni 100 juta unit sampai saat ini. Adapun video tersebut sejatinya ditujukan untuk perusahaan “third-party”, yang mungkin tertarik untuk mengembangkan aksesori tambahan untuk konsol-konsol milik Sony. Dengan video tersebut, Sony tak hanya menunjukkan bagaimana ekosistem konsolnya, namun juga menunjukkan bahwa penjualan konsol mereka masih sehat dan kuat untuk beberapa tahun ke depan.

Adapun, angka terakhir yang diumumkan Sony pada November lalu mengenai penjualan PS3 adalah sebesar 80 juta unit. Kemudian pada April lalu, PS4 juga diumumkan menembus angka 7 jutaan.

Sebagai perbandingan, Oktober lalu Microsoft, yang merupakan rival utama Sony, mengumukan bahwa Xbox 360 terjual sebanyak 80 juta unit. Untuk konsol terbarunya, Xbox One, April lalu Microsoft mengumumkan telah mengirimkan (bukan terjual) 5 juta unit ke retailer-retailer di seluruh dunia.

Sementara itu, Nintendo, yang saat ini sedang menurun, justru mengalahkan kedua raksasa tadi untuk penjualan gabungannya. Wii telah terjual 100 juta unit tahun lalu, 3DS terjual 35 juta unit, sementara Wii U 6 juta unit sampai akhir Maret lalu. Total, Nintendo berhasil menjual 141 juta unit untuk Wii, Wii U, dan 3DS.

Adapun pihak Sony diperkirakan akan merilis angka detail penjualan konsol-konsol gamenya pada akhir bulan ini. (Rani Soraya – www.harianindo.com)