Hasil Final Piala Dunia: Jerman 1-0 ArgentinaRio de Janeiro – Jerman membuktikan diri sebagai tim terbaik di Piala Dunia 2014 Brasil usai mengalahkan Argentina di partai puncak yang diadakan dini hari tadi. Seperti dilansir dari Sky Sports (Minggu, 13/7/2014), Die Mannschaft juga membuktikan diri dapat mematahkan kutukan tim Eropa yang selama ini tidak pernah menang di tanah Amerika Latin meski harus melalui pertarungan sengit hingga babak extra time.

Laga berlangsung tanpa gol meski kedua tim saling jual beli serangan dari awal babak pertama. Tangguhnya lini pertahanan Argentina di bawah kepemimpinan Javier Mascherano dan Jerman di bawah kepemimpinan Mats Hummels membuat lini serang lawan menjadi frustasi. Gol baru lahir di babak tambahan kedua. Mario Gotze yang masuk menjadi pemain pengganti dari Miroslav Klose menjadi pahlawan Jerman dengan mencetak gol tunggal di menit 113.

Leonel Messi cs mencoba bangkit di waktu tersisa. Segala daya dikerahkan namun ketangguhan penjaga gawang Manuel Neuer membuat hasil 1-0 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir. Kapten Philip Lahm pun akhirnya mengangkat trofi Piala Dunia keempat Jerman di Rio De Janeiro. Dengan raihan ini, kini tim besutan Joachim Loew menyamai catatan milik Italia dengan empat kali menjadi juara dunia.

Di akhir laga, FIFA akhirnya memutuskan Messi terpilih sebagai pemain terbaik turnamen sementara Neuer menjadi penjaga gawang terbaik. (Choirul Anam – www.harianindo.com)