Fair Play Award Piala Dunia 2014: Timnas KolombiaRio de Janeiro – Tim underdog yang paling mengejutkan di Piala Dunia 2014, Kolombia, keluar sebagai peraih FIFA Fair Play Award. Seperti dilansir dari NBC Sports (Minggu, 13/7/2014), Kolombia yang dalam lima laganya di Piala Dunia hanya mengoleksi lima kartu kuning layak dilabeli dengan status tim “paling bersih” dibanding semua tim yang berlaga di Brasil. Meski demikian, penghargaan ini sempat mengundang protes dari supporter tuan rumah karena salah satu pemain Kolombia lah yang membuat Neymar harus mengalami cedera punggung dan out dari Piala Dunia.

Terlepas dari semua kontroversi, Kolombia yang merupakan juara Grup C ini dinilai FIFA Techincal Study Group juga memiliki ofisial dan suporter yang paling respek terhadap tim lain diantara semua tim.

Prestasi melaju hingga perempat final dengan mengalahkan tim kuat, Uruguay, di babak 16 besar membuat James Rodriguez cs disambut bak pahlawan ketika pulang ke negaranya.

Tak hanya menyabet penghargaan Fair Play, James Rodriguez yang merupakan pemin tengah Kolombia juga sukses menyabet Golden Boot atau top skorer turnamen kasta tertinggi sepakbola dunia ini. (Choirul Anam – www.harianindo.com)