Pesawat Kepresidenan Rusia Sempat Lewati Rute yang Sama dengan MH17Moskow – Kantor berita swasta Rusia, Interfax, baru-baru ini merilis berita yang cukup mengejutkan. Mereka melaporkan bahwa pesawat kepresidenan Rusia sempat melalui jalur penerbangan yang sama dengan pesawat Malaysia Airlines bernomor penerbangan MH17 yang tertembak jatuh di Ukraina.

Interfax mengklaim memperoleh informasi tersebut dari sumber yang dekat dengan Pemerintahan Rusia. Menurut sumber yang identitasnya dirahasiakan tersebut, pesawat kepresidenan Rusia dengan pesawat Malaysia Airlines MH17 memiliki banyak kesamaan bentuk fisik.

Dilansir dari RT (Jumat, 18/7/2014), sumber tersebut mengatakan bahwa pesawat milik Presiden Rusia, Vladimir Putin, dan pesawat Malaysia Airlines MH17 berada di jalur yang sama. Pesawat Presiden Putin melewati jalut tersebut pada pukul 16.21 waktu Moskow, sementara pesawat MH17 pada pukul 15.44.

Sumber tersebut menambahkan bahwa kontur kedua pesawat tersebut sangat mirip, dan terlihat identik pada jarak yang cukup dekat. Oleh karena itu, bila dari jarak dekat saja telah terlihat mirip, bagaimana dengan jarak jauh? Dari darat ke udara? Kedua pesawat tersebut memiliki skema warna yang sama, putih, merah, dan biru.

Belum jelas apa yang mendasari sumber tersebut untuk mengutarakan fakta ini. Karena perlu diketahui, jatuhnya pesawat MH17 ini memicu aksi saling tuding antara Rusia dan Ukraina mengenai siapa yang bertanggungjawab. Kondisi ini berpotensi memperburuk hubungan kedua negara tersebut. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)