Jumlah WNI Korban Pesawat MH17 Mencapai 13 OrangJakarta – Jumlah WNI yang menjadi korban jatuhnya pesawat Malaysia Airlines bernomor penerbangan MH17 mencapai 13 orang. Informasi ini disampaikan kepada media pers oleh Duta Besar Indonesia untuk Belanda, Retno Marsudi.

Sebelumnya, muncul kesimpangsiuran laporan mengenai berapa jumlah korban asal Indonesia yang tewas akibat jatuhnay pesawat MH17. Informasi awal berjumlah 11 orang, lalu berubah menjadi 12 orang termasuk anak-anak, dan yang terbaru berjumlah 13 orang. Retno mengatakan bahwa informasi terbaru tersebut didapatnya pada pukul 04.00 pagi waktu Belanda.

Retno menambahkan bahwa jumlah korban WNI tersebut bisa saja bertambah, mengingat masih ada 47 orang korban yang belum berhasil diidentifikasi kewarganegaraannya. Pihak maskapai Malaysia Airlines sendiri belum mengeluarkan manifes penerbangan pesawat MH17.

Pihak Malaysia Airlines menjanjikan akan segera merilsinya melalui situs resminya. Nama-nama penumpang MH17 bisa dilihat paling cepat pagi hari ini (Jumat, 18/7).

Adapun Retno juga mengatakan bahwa kesulitan dan kesimpangsiuran informasi ini juga dialami oleh duta besar negara-negara lainnya. Mereka juga belum bisa memverifikasi nama warga negaranya yang mungkin saja berada di pesawat MH17.

Laporan yang beredar mengatakan bahwa pesawat MH17 membawa 283 penumpang dan 15 orang awak pesawat. Pesawat ini ditembak jatuh ketika melintasi wilayah konflik di Timur Ukraina. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)