CPNS 2014 Menggunakan CAT di 486 Titik

19/07/2014
(Ikuti Kami Di Twitter @harianindo)

CPNS 2014 Menggunakan CAT di 486 TitikJakarta – Rencananya sistem seleksi dan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 ini akan mengunakan Sistem Computer Assisted Test (CAT). Dimana sistem CAT ini adalah software dengan menggunakan komputer sehingga didapatkan sebuah minimal standar untuk kompetensi dasar bagi para pelama CPNS.

Hal ini bertujuan untuk membantu perwujudan datas profesionalisme Pegawai Negeri Sipil. Rencananya pada tahun 2014 ini CAT akan dilakukan 486 titik. Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah bersiap untuk melaksanakan CAT tepatnya di 150 titik, sedangkan untuk fasilitas uji kompetensi guru (UKG) yang akan diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan diselenggarakan di 336 titik, yang tersebar di berbagai kabupaten/kota.

Pada tahun 2013, BKN memiliki 640 unit fasilitas CAT. Sedangkan pada tahun ini akan ditingkatkan menjadi 1.215 PC yang telah disiapkan dalam rangka seleksi ASN pada tahun 2014. Dengan rincian 125 unit ada di Kantor Pusat BKN, 50 PC di Kanreg V BKN Jakarta, 40 PC di Kanreg IX BKN Jayapura serta 1.000 PC yang lainnya ada di 10 Kanreg BKN.

Berdasarkan keterangan dari Eko Sutrisno, Kepala BKN, terungkap bahwa pihaknya akan memberikan fasilitas kepada semua kementerian/lembaga dan pemerintah daerah, baik untuk provinsi atau kabupaten/kota yang sudah mengajukan permohonan untuk fasilitasi CAT-BKN.

Terungkap dari keterangan Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian PANRB, Arizal, bahwa fasilitas UKG untuk sistem CAT ini baru dilaksanakan di tahun ini. Saat ini panselnas sedang melakukan pengintegrasian atas sistem CAT ke fasilitas UKG. Sedangkan untuk Tes Kompetensi Dasar (TKD) Kementerian/Lembaga Panselnas dilakukan di 68 titik, yang tersebar di 28 titik di provinsi, dan 390 titik untuk Kabupaten/kota.

Sebagai informasi bahwa ujian TKD ini untuk mengukur soft competency pelamar. Dimana untuk bobot TKD sebesar 60 persen dan untuk tes kompetensi bidang (TKB) sebsar 40 persen. Untuk materi TKD terdiri dari tes wawasan kebangsaan (TWK), karakteristik pribadi (TKP), dan intelegensi umum. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

advertisement

Google+ comment widget by skipser

Photo Gallery