Info Mudik 2014: H-3 Lebaran Satu Sisi Jembatan Comal Sudah Bisa Dilewati

22/07/2014
(Ikuti Kami Di Twitter @harianindo)

Info Mudik 2014: H-3 Lebaran Satu Sisi Jembatan Comal Sudah Bisa DilewatiPemalang – Jelang puncak arus mudik yang diperkirakan akan terjadi mulai H-3 Lebaran, proses perbaikan Jembatan Comal terus dikejar pengerjaannya agar dapat dilalui saat puncak arus mudik terjadi, sehingga para pemudik tak perlu memutar terlalu jauh saat melintasi jalur Pantura. Walaupun begitu tampaknya dapat dipastikan bahwa hanya satu sisi dari Jembatan Comal yang bisa digunakan, sementara sisi selatan arah Semarang-Jakarta masih belum dapat digunakan karena kerusakannya yang lebih parah. (Baca Juga: “Info Mudik 2014: Jembatan Comal Yang Rusak Akan Beroperasi 2-3 Hari Kedepan”)

Kepastian tersebut diungkapkan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang mengutarakan meskipun sempat terkendala oleh hujan, proses perbaikan jembatan masih bisa dikebut walaupun nanti baru satu sisi jembatan sebelah Utara (arah Jakarta-Semarang) yang bisa dilewati oleh para pemudik. Hal tersebut mengakibatkan pemudik yang mengambil arah Semarang-Jakarta sementara disarankan untuk melalui jalur alternatif atau pindah ke jalur Tengah dan Selatan.

Kondisi jembatan sisi Selatan memang lebih parah dibandingkan sebelah Utara, karena pilar mengalami kemiringan hingga 30 derajat, sehingga badan jembatan sampai menumpang di atas pilar yang miring tersebut.

Nantinya pada H-3 Lebaran akan dilakukan rekayasa lalu-lintas dengan sistem buka-tutup. Walaupun demikian kondisi jembatan masih dikhawatirkan ketika nantinya mulai dilewati kendaraan berat (truk) pada H+10. Oleh karenanya untuk sementara hingga proses perbaikan jembatan rampung, kendaraan berat seperti truk masih harus melewati rute alternatif seperti yang telah diberitakan sebelumnya. (Choirul Anam – www.harianindo.com)

advertisement

Google+ comment widget by skipser

Photo Gallery

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better
Follow Me