Israel Melantik Presiden Baru

Presiden Baru Israel, Reuven Rivlin.
(sumber foto: Reuters)

Jerusalem – Israel melantik presiden baru di tengah konflik militernya dengan Hamas di Gaza. Adapun sosok yang ditunjuk sebagai kepala negara adalah Reuven Rivlin.

Rivlin merupakan presiden ke-10 Israel. Dirinya diangkat menggantikan Shimon Pers. Rivlin, yang saat ini berusia 74 tahun, adalah anggta legislatif partai konservatif bernama Likud.

Seperti dilansir dari Gulf Daily (Jumat, 25/7/2014), Rivlin sebenarnya telah terpilih menjadi Presiden Israel pada 10 Juni 2014 lalu. Dalam masa pilpres Israel kemarin, Rivlin mengalahkan rivalnya, Meir Sheetrit. Setelah resmi dinyatakan menang, Rivlin pun mengundurkan diri dari Parlemen Israel.

Meski secara voting menang, tak semua warga Israel “sreg” dengan penunjukan Rivlin sebagai Presiden Israel. Hal tersebut diakibatkan oleh usianya yang dianggap sudah terlalu tua untuk mendudukin posisi penting tersebut. Anggapan ini diacuhkan oleh Rivlin, karena memang dirinya merasa masih kuat untuk mengabdikan diri kepada negaranya dan belum berniat untuk pensiun.

Adapun Rivlin memiliki pandangan yang sama dengan pemimpin-pemimpin Israel sebelumnya mengenai Palestina. Tidak salah jika dirinya tergabung dengan partai konservatif. Warga asli Jerusalem ini termasuk golongan yang menentang, menolak, dan tak mengakui eksistensi negara Palestina. Jelas terpilihnya Rivlin sebagai Presiden Israel tak akan membuat ketegangan antara Israel dan Hamas semakin mereda. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)