panselnas.menpan.go.id: Situs Daftar CPNS Online 2014 Susah DiaksesJakarta – Pemerintah Indonesia telah memutuskan bahwa pendaftaran lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2014 dibuka secara online menggunakan jaringan internet. Namun demikian, sejak pendaftaran mulai dibuka tanggal 20 Agustus 2014 kemarin, permasalahan teknis terhadap situs pendaftaran online CPNS 2014 masih saja sering mengalami masalah.

Berdasarkan pengamatan Harian Indo (Jumat, 22/8/2014), memasuki hari ketiga, situs portal panselnas.menpan.go.id masi saja sulit diakses. Beberapa link yang tertera pada portal tersebut masih saja sering mengalami gangguan, kadang bisa diakses, kadang juga tidak. Oleh karena itu, pelamar yang mencoba mendaftar harus terus mencoba meng-klik link tadi beberapa kali sampai berhasil mengakses link tersebut. Link yang “mati” tadi bisa berupa internal link (link ke dalam halaman website itu sendiri), maupun external link (link menuju ke situs lain).

Berita mengenai situs daftar CPNS yang down dan penyebabnya
Info Pendaftaran CPNS Online: Ini Dia Penjelasan Panselnas Soal Situs Down

Baca juga
Pendaftaran CPNS 2014: Panselnas Akan Batasi Jumlah Pendaftar CPNS Online per Harinya

Adapun masalah ini sudah pasti meresahkan bagi para pelamar seleksi CPNS 2014. Hal tersebut dikarenakan oleh rentang waktu pendaftaran yang diberikan pemerintah yang hanya selama dua pekan saja, yaitu tanggal 20 Agustus hingga 3 September 2014.

Selain itu, belum semua instansi telah siap membuka pendaftaran CPNS untuk tahun 2014 ini. Hal tersebut diakibatkan oleh masalah koordinasi antara instansi tersebut dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Situs pendaftaran yang masih tidak stabil, belum semua instansi yang disebutkan membuka lowongannya, serta periode pendaftaran yang cukup pendek, tentu menjadi tantangan tersendiri tidak hanya bagi pelamar CPNS, namun juga pihak pemerintah. Ini merupakan ujian bagi pemerintah untuk menunjukkan kinerjanya yang profesional dalam memasuki era digital ini. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)