Seputar Hasil Putusan MK: Polri Turunkan Status Keamanan Jadi Siaga II Hingga Selasa

advertisement:


22/08/2014

Seputar Hasil Putusan MK: Polri Turunkan Status Keamanan Jadi Siaga II Hingga SelasaJakarta – Mulai hari ini (Jumat, 22/8/2014) pihak kepolisian akan menurunkan status keamanan dari Siaga I menjadi Siaga II seiring telah diumumkannya hasil putusan Mahkamah Konstitusi terkait kisruh Pilpres 2014. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Djoko Suyanto selaku Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan HAM, ia mengungkapkan bahwa status Siaga tidak dicabut, namun diturunkan menjadi Siaga II.

Djoko melanjutkan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Kepolisisan terkait penurunan status pengamanan itu. Menurutnya, Kepolisian akan terus melakukan pengamanan, walaupun intesitasnya diturunkan, hingga pelantikan presiden terpilih yang dijadwalkan berlangsung pada 20 Oktober mendatang.

Sebelumnya pihak Kepolisian sempat menaikkan status pengamanan menjadi siaga I, yang diberlakukan di seluruh Indonesia jelang putusan MK terkait sengketa hasil Pilpres 2014. Jenderal Sutarman selaku Kepala Polri membenarkan penurunan status pengamanan itu. Namun saat ini pihak Kepolisian masih terus memantau perkembangan kondisi di daerah, jika masih timbul masalah maka akan segera dievaluasi. Jenderal Sutarman menambahkan bahwa status Siaga II akan diterapkan hingga Selasa (26/8) mendatang. Sementara pengamanan objek vital juga masih akan diberlakukan hingga Senin (25/8) esok.

Baca juga:
Hasil Sidang MK: Kubu Prabowo Anggap Putusan MK Tak Adil Secara Substansif
Hasil Putusan Sidang MK: JPRR Serukan Dukung Keputusan MK

Menanggapi bentrokan yang sempat terjadi antara massa pendukung Prabowo dan aparat keamanan di sekitar patung kuda di Jalan Medan Merdeka Barat kemarin, Sutarman memastikan bahwa aparat telah mematuhi prosedur pengamanan. Sementara itu sejumlah 46 orang pendukung Prabowo luka-luka akibat bentrok dengan aparat dan dua anggota Kepolisian juga mengalami luka ringan jelang putusan MK. (Rani Soraya – www.harianindo.com)

advertisement


Google+ comment widget by skipser
advertisement


Photo Gallery