Resep Masakan: Cara Memasak Gulai Ikan Yang Enak dan GurihJakarta – Kembali lagi disini dengan resep masakan yang selalu update tentunya dengan resep yang selalu baru. Untuk resep kali ini harianindo akan berikan resep gulai ikan yang lezat. Resep ini dikutip dari salah satu Resep Masakan Terbaru 2014, Senin (25/8/2014).

Penasaran dengan resep gulai ikan yang enak ini, silahkan simak bahan serta cara membuatnya di bawah ini:

Bahan-bahan:
1 kg ikan kakap atau kembung
6 buah cabai merah
7 siung bawang merah
3 cm kunyit
2 cm jahe
1 cm lengkuas
2 batang serai
10 lembar daun kemangi
2 lembar daun mangkokan
60 gram kecombrang
1500 ml santan dari 1 buah kelapa
2 sendok makan air asam
1 sendok teh garam.

Baca juga:
Resep Masakan: Cara Membuat Belut Saus Inggris Enak

Pertama-tama bersihkan terlebih dahulu ikan, lalu potong-potong sesuai dengan selera anda. Untuk bumbu yang dihaluskan siapkan cabai merah, bawang merah, kunyit serta jahe jika sudah halus sisihkan. Jangan lupa serai dan lengkuas memarkan, dan sisihkan.

Kemudian panaskan santan hingga mendidih tapi jangan sampai pecah, lalu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi aduk hingga merata. Masukkan ikan, daun kemangi yang sudah dicuci terlebih dahulu, lalu daun mangkokan serta daun kecombrang yang tentunya sudah dicuci bersih.

Masak hingga santan mengental dan ikan matang, sebaiknya gunakan aoi kecil untuk memasaknya. Gulai ikan ini lebih nikmat disajikan hangat-hangat dan dengan nasi hangat pula. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)