Berita Konflik Gaza Terbaru: Netanyahu Bandingkan Hamas dengan ISIS

advertisement:


26/08/2014

Berita Konflik Gaza Terbaru: Netanyahu Bandingkan Hamas dengan ISISJerusalem – Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, baru-baru ini membandingkan kelompok militan Hamas di Palestina dengan kelompok Islamic State of Iraq dan Syria (ISIS) di Irak. Dia pun menyamakan Hamas dengan ISIS atas serangan demi serangan yang Hamas lancarkan ke wilayah Israel.

Seperti dilansir dari Internasional Business Times (Selasa, 26/8/2014), Netanyahu mengatakan bahwa ISIS dan Hamas merupakan cabang-cabang dari pohon beracun yang sama. Netanyahu melanjutkan dengan menyebut kedua organisasi tersebut telah melakukan pembunuhan ekstra yudisial, yang contohnya adalah ketika Hamas menembak mati seseorang yang diduga sebagai mata-mata dari Israel, yang mereka lakukan di depan umum.

Mengenai pernyataan Netanyahu tersebut, sekutu Israel, Amerika Serikat, tidak melakukan respon yang berarti. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS, Marie Harf, mengatakan bahwa AS memang pada dasarnya melihat Hamas dan ISIS sebagai sebuah kelompok teroris, sehingga pandangan tersebut kurang lebih sama dengan Israel. Namun Harf menambahkan bahwa seharusnya tidak perlu ada pembandingan antara kedua kelompok tersbeut.

Baca juga
Berita Konflik Gaza Terkini: Petinggi Hamas Terbunuh Akibat Serangan Udara Israel
Berita Konflik Gaza Terkini: PBB Desak Netanyahu untuk Redakan Ketegangan di Gaza

Sementara itu, Hamas merasa cukup tersinggung dan geram atas pembandingan dengan ISIS ini. Mereka sungguh mengecam pernyataan Netanyahu tersebut, sembari mengatakan bahwa mereka tidak ada niat untuk mencari perang dan mengancam negara Barat, seperti yang dilakukan oleh ISIS.

Salah satu petinggi Hamas, Izzat Risheq, bahkan mengecam apa yang telah dilakukan oleh ISIS, terutama terkait kebrutalan mereka yang dengan mudahnya mmebunuh warga yang tak sepakat dengan mereka. Risheq menegaskan bahwa Hamas merupakan organisasi gerakan pembebasan nasional dengan tujuan utama memperoleh kebebasan rakyat Palestina dari kungkungan Israel. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

advertisement


Google+ comment widget by skipser
advertisement


Photo Gallery