panselnas.menpan.go.id: Pelamar CPNS 2014 DIperbolehkan Menggunakan KTP LamaTasik – Memang pihak panselnas CPNS memberikan kewajiban bagi pelamar untuk dapat mencantumkan nomor induk kependudukan (NIK) yang ada di kartu tanda penduduk elektronok (e-KTP) ketika akan mengisi formulir pendaftaran online.

Namun ada daerah yang memiliki kebijakan lain, dimana hal ini diperuntukkan bagi Kabupaten Tasikmalaya, yang dalam hal ini adalah Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Latihan Daerah (BKPLD) Kabupaten Tasikmalaya H Iin Aminudin. Dimana mereka memperbolehkan menggunakan NIK yang tertera dalam KTP lama khusus yang saat ini belum memiliki e-KTP.

Hal ini sudah dikoordinasikan dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), terkait penggunaan NIK pada KTP lama. Ketika ditemui wartawan harianindo, Kamis (28/8/2014), Iin Aminudin, membenarkan hal tersebut.

Hal yang serupa juga diungkapkan oleh Kepala Bidang Kependudukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Dra Hj Wini bahwa terkait adanya permasalahan E-KTP itu sebenarnya sudah ada MoU dengan pihak pemerintah pusat yang sudah terjalin dengan berbagai departemen.

Dimana alasannya bahwa saat ini masih banyak yang belum memiliki E-KTP sehingga diperbolehkan menggunakan KTP lama yang tentunya masa berlakunya sampai tanggal 31 Desember 2014. Dengan adanya kebijakan ini, maka untuk masyarakat yang saat ini belum mempunyai e-KTP masih memiliki kesempatan untuk melakukan pendaftaran dengan menggunakan KTP yang ada.

Baca juga:
panselnas.menpan.go.id: Tidak Ada Peluang Untuk Mendaftar CPNS 2014 di Paluta Sumut

Walaupun demikian saat ini di Kabupaten Tasikmalaya yang sudah memiliki e-KTP sudah hampir 90 persen, sehingga tidak menjadi soal, pungkas Dra Hj Wini. (Choirul Anam – www.harianindo.com)