Berita ISIS Terkini: ISIS Eksekusi 770 Tentara Irak

advertisement:


4/09/2014

Berita ISIS Terkini: ISIS Eksekusi 770 Tentara IrakBaghdad – Kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) diberitakan telah mengeksekusi mati tentara Irak. Kali ini, Human Rights Watch (HRW) melaporkan bahwa sekitar 560 hingga 770 tentara Irak dieksekusi mati oleh kelompok radikal tersebut.

Berdasarkan laporan HRW, ratusan pasukan Irak tersebut sebelumnya ditahan di Camp Speicher. Pangkalan militer ini berada di dekat Kota Tikrit.

Seperti dilansir dari Reuters (Kamis, 4/9/2014), Penasihat HRW, Fre Abrahams, mengatakan bahwa kejaadian ini sungguh mengerikan dan benar-benar kejam. Tindakan ini sudah masuk kategori kejahatan kemanusiaan.

Seperti yang sudah diketahui, ISIS sudah pernah melakukan eksekusi mati terhadap pasukan Irak yang berhasil mereka tangkap pada Juni 2014 lalu. Saat itu, jumlah pasukan Irak yang berada di Camp Speicher mencapai sekitar 1.700 orang.

HRW sendiri sudah pernah mengunggah beberapa foto yang menggambarkan bagaimana pria bersenjata anggota ISIS menembak mati barisan pasukan Irak. Pasukan Irak tersebut awalnya dipaksa untuk naik ke sebuah truk, kemudian diantarkan ke sebuah lokasi eksekusi. Di lokasi tersebut, korban-korban tadi dipaksa untuk tertelungkup di sebuah parit kecil dengan kondisi tangan yang terikat ke belakang. Akhirnya, algojo-algojo ISIS pun memberondong hingga tewas barisan pasukan Irak yang tak berdaya tersebut.

Baca pula
Berita ISIS Terkini: 10 Anak Suriah Tewas dalam Sebuah Serangan
Berita ISIS Terkini: Lagi, ISIS Penggal Jurnalis AS, Steven Sotloff

ISIS memang kerap mengunggah foto-foto mengerikan mereka saat melakukan eksekusi. Foto-foto ini disebar ke dunia maya untuk meruntuhkan moral pasukan Irak.

Sampai saat ini, jumlah pasti pasukan Irak yang hilang, dieksekusi atau masih dipenjara oleh ISIS belum jelas. Hal ini memicu protes dari keluarga serdadu Irak tersebut di Ibukota Irak, Baghdad. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

advertisement


Google+ comment widget by skipser
advertisement


Photo Gallery