Berita ISIS Terkini: NATO Segera Dukung Serangan AS ke Irak

advertisement:


6/09/2014

Berita ISIS Terkini: NATO Segera Dukung Serangan AS ke IrakEdinburgh – Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, mengatakan bahwa Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) telah menyatakan kesediaannya untuk membantu AS dalam aksi militernya untuk menumpas kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Sikap NATO ini cukup menyita perhatian, mengingat sebelumnya AS berperan sendiri dalam serangan-serangan udaranya ke Irak, tanpa adanya dukungan dari negara-negara sekutunya.

Obama mengatakan bahwa dukungan terhadap AS ini sangatlah krusial bagi usaha penumpasan kelompok radikal tersbeut. Obama bahkan bersumpah akan segera membasmi pergerakan kelompok tersebut, yang telah menebar ancaman bukan hanya di Irak dan Suriah, namun juga kepada negara-negara Barat.

Dilansir dari Reuters (Sabtu, 6/9/2014), Obama mengatakan bahwa sekutu utama AS, yaitu NATO, telah siap menghadapi ancaman terorisme dari ISIS menggunakan cara-cara militer, intelijen, penegakan hukum, maupun diplomatik. Oleh karena itu, untuk mewujudkan hal ini maka menteri-menteri dari Inggirs, Jerman, Perancis, Polandia, Italia, Turki, Denmark, serta negara yang bukan anggota NATO, yakni Australia akan segera mengadakan pertemuan dengan Menteri Pertahanan AS, Chuck Hagel, dan Menteri Luar Negeri AS, John Kerry.

Berita ISIS lainnya
Berita ISIS Terkini: ISIS Culik 40 Pria di Kirkur, Irak
Berita konflik internasional lainnya
Berita Konflik Somalia Terkini: Pemimpin Teroris Somalia Tewas Akibat Serangan Udara AS

Obama melanjutkan bahwa ketika semua sekutu sudah bersatu, maka mereka (AS dan sekutunya) akan bekerja sama dengan Pemerintah Irak untuk menghadapi segala aksi pelanggaran yang terjadi di Irak.

Negara-negara Barat terlihat semakin geram dengan aksi ISIS. Hal ini disebabkan oleh banyaknya warganegara mereka yang tertarik dan bergabung bersama ISIS. Selain itu, aksi ISIS yang telah menunjukkan seorang sandera yang berasal dari Inggris telah dianggap sebagai sebuah ancaman langsung kepada negara Barat, dan bukan lagi ancaman yang ditujukan hanya kepada AS. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

advertisement


Google+ comment widget by skipser
advertisement


Photo Gallery