Pendaftaran CPNS 2014: Beberapa Instansi Sudah Menutup Pendaftaran, Ujian Menunggu

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Herman Suryatman

Jakarta – Beberapa instansi telah menutup masa pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 pada hari Minggu kemarin (7/9). Tahap berikutnya yang menunggu di depan adalah tahap ujian, yang dilaksanakana menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Terkait hal ini, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) mengatakan bahwa infrastruktur unutk pelaksanaan ujian tersebut telah siap dioperasikan.

Herman Suryatman, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) mengatakan pada hari Minggu kemarin, bahwa infrastruktur CAT untuk pelaksanaan ujian CPNS telah disiapkan oleh banyak pihak. Tim IT (Information Technology) dari Panselnas melaporkan bahwa peralatan untuk ujian CAT tersebut sudah siap digunakan.

Herman menuturkan bahwa fasilitas ujian bersistem CAT yang pertama telah disiapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), baik di pusat maupun di 12 kantor regional lainnya. Untuk kantor pusat BKN, telah dipersiapkan 100 unit komputer, atau yang diistilahkan dengan “client” dalam sistem CAT, untuk nantinya digunakan oleh para peserta ujian CPNS.

Setiap sesi ujian rata-rata berlangsung sekitar 90 menit. Bila dihitung dengan waktu istirahat 30 menit, maka dalam satu hari bisa diadakan hingga lima sesi CAT. Dengan banyaknya sesi dalam satu hari tersebut, maka tentu bisa memudahkan penjadwalan tes mengingat begitu banyaknya pelamar yang akan mengikuti ujian ini, dengan jumlah yang mencapai ribuan.

Baca pula
Pendaftaran Online CPNS 2014: Pendaftar Capai 829 Ribu Orang
Info CPNS: Pihak Panselnas Buka Layanan Informasi Terkait CPNS 2014

Adapun Herman menjelaskan bahwa peralatan ujian CA yang disiapkan di kantor BKN pusat maupun regional tidak hanya digunakan untuk ujian bagi pelamar yang ingin mendaftar ke BKN saja, namun juga untuk instansi lain. Sebagai contoh, peralatan CAT yang terpasang di BKN pusat juga dipakai untuk ujian masuk ke Badan Narkotika Nasional (BNN).

Herman mengatakan lagi bahwa meski baru tahun ini dilaksanakan menyeluruh secara nasional, pihaknya tetap optimis bahwa ujian bersistem CAT ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)