Berita ISIS Terkini: ISIS Rebut Lagi 16 Desa Kurdi

advertisement:


19/09/2014

Berita ISIS Terkini: ISIS Rebut Lagi 16 Desa Kurdi

Pasukan peshmerga Kurdi sedang mengamati keadaan sekitar.
(sumber foto: Reuters)

Baghdad – Meski telah dibombardir oleh serangan gabungan antara pasukan Pemerintah Irak, Kurdi, dan serangan udara dari Amerika Serikat, pergerakan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) masih tetap militan dan berbahaya. Baru-baru ini dikabarkan bahwa kelompok radikal tersebut telah merebut kendali atas 16 Desa Kurdi.

Seperti dilansir dari Reuters (Kamis, 18/9/2014), pihak militer Kurdi melaporkan bahwa ISIS sudah menguasai sekitar 16 desa di sekitar wilayah otonomi Kurdistan yang berada di Suriah bagian utara. Desa-desa tersebut berada dekat dengan perbatasan Turki.

Seorang komandan kelompok bersenjata Kurdi, Ocalan Iso, mengatakan bahwa dalam serangannya ke dekat Kota Kobani, yang juga masuk ke dalam wilayah otonomi Kurdistan, ISIS menggunakan peralatan tempur berat, seperti tank, artileri, dan sejenisnya.

Baca pula
Berita ISIS Terkini: Lagi, ISIS Rilis Video Sandera asal Inggris, John Cantlie
Berita ISIS Terkini: Iran Katakan Bahwa ISIS Tak Bisa Dibasmi dengan Serangan Udara

Laporan yang disebutkan oleh pimpinan lembaga Syrian Observatory for Human Rights, Rami Abdulrahman, mengatakan bahwa 16 desa di wilayah otonomi Kurdistan di Suriah bagia utara tersebut jatuh ke tangan ISIS sejak Rabu kemarin (17/9). Selain itu, Abdulrahman juga menambahkan bahwa jumlah pengikut ISIS telah tumbuh hingga sedemikian banyaknya.

Adapun Amerika Serikat telah mengatakan bahwa mereka juga akan memberikan dukungan serangan udara untuk membantu pasukan Suriah melawan ISIS. Namun demikian, tampaknya operasi gabungan Suriah – AS tersebut belum menunjukkan hasil sebaik di Irak, yang memang telah lebih dulu didukung oleh AS. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

advertisement


Google+ comment widget by skipser
advertisement


Photo Gallery