Home > Gaya Hidup > Cukup Tidur Adalah Tips Sukses Turunkan Berat Badan

Cukup Tidur Adalah Tips Sukses Turunkan Berat Badan

Cukup Tidur Adalah Tips Sukses Turunkan Berat Badan Jakarta – Cukup Tidur Adalah Tips Sukses Turunkan Berat Badan. Mengubah pola makan, rutin berolahraga bahkan mengkonsumsi obat pelangsing memang merupakan berbagai cara mengurangi berat badan. Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa tidur cukup juga sangat mempengaruhi kesuksesan program penurunan berat badan yang anda lakukan.

Ternyata ada beberapa alasan mengapa tidur cukup, yaitu kurang lebih selama delapan jam bisa membantu menurunkan berat badan. Seperti dilansir laman Sindonews, berikut alasan-alasannya:

saat tidur tubuh mempengaruhi level hormon pengatur rasa lapar, leptin, yang membantu tubuh menyadari bahwa kita sudah kenyang, dan ghrelin, yang menstimulasi selera makan. Jika tidur tidak cukup leptin akan menurun dan sebaliknya ghrelin akan meningkat, sehingga menyebabkan reaksi berlebihan ketika kurang tidur. Kajian terbaru menemukan wanita yang tidak cukup tidur rata-rata menyantap 300 kalori lebih banyak daripada mereka yang cukup tidur.

Kecemasan dan stres adalah dua kontributor utama terhadap lemak perut; cukup tidur adalah salah satu cara untuk mengalahkan keduanya, jika stress berkurang maka lemak perut juga akan berkurang.

Sebuah studi terbaru menemukan wanita yang tidur antara 7—9 jam tiap malam memiliki berat badan yang lebih kecil dari mereka yang tidak cukup tidur. Para ilmuwan percaya, mereka yang tidur kurang dari 7 jam tiap malam atau lebih dari 9 jam, lebih banyak terpengaruhi genetik pra-disposisi sehingga kelebihan berat badan atau obesitas.

Istirahat malam yang baik, menjadikan orang lebih punya energi untuk menghadapi tugas di esok harinya. Dan, karena olahraga membantu tidur, mengubah kebiasaan tidur bisa jadi permulaan siklus yang bermanfaat. (Nailah Azka – www.harianindo.com)

x

Check Also

Kulit Pisang Ternyata Bermanfaat Bagi Kecantikan Kulit, Begini Caranya

Kulit Pisang Ternyata Bermanfaat Bagi Kecantikan Kulit, Begini Caranya

Jakarta- Bila Anda membuang kulit pisang setelah memakan buahnya, sebaiknya jangan dilakukan lagi. Karena kulitpisang ...