Home > Gaya Hidup > Peneliti Mengungkapkan MSG Aman Dikonsumsi

Peneliti Mengungkapkan MSG Aman Dikonsumsi

Peneliti Mengungkapkan MSG Aman DikonsumsiJakarta – Peneliti Mengungkapkan MSG Aman Dikonsumsi. MSG atau monosodium glutamat dipercaya dapat memberi dapak buruk pada kesehatan tubuh. Penyedap rasa yang digunakan dalam makanan kalengan atau makanan ringan dalam kemasan, kerap kali dihindari oleh sebagian orang. Namun benarkah MSG terbukti mengganggu kesehatan?

Dilansir laman Okezone Mike Roussell, Ph.D, seorang Penasihat Nutrisi Men’s Health mengatakan baha kampanye anti MSG adalah suatu klaim yang berlebihan. Sesunggunya monosodium glutamat adalah garam yang dikombinasikan dengan glutamat. Garamdiketaui sangat dibutuhkan t karena tubuh tidak dapat membuatnya, dan sel-sel tubuh membutuhkan garam tambahan untuk berfungsi dengan baik.

Sedangkan glutamat sendiri adalah asam amino alami yang membuat makanan seperti kecap, keju, dan daging sapi menjadi begitu lezat, lanjut Roussell, Jadi, ketika Anda makan MSG, zat tersebut dipecah kembali menjadi garam dan glutamat.

Dia menambahkan “Kita tentu tidak akan menghindari makan di restoran yang menyediakan steak panggang lezat atau restoran makanan Tiongkok. Senyawa kimia yang memberikan makanan ini yang luar biasa adalah glutamat yang sama dengan apa yang terdapat dalam MSG,”

Studi yang pernah dilakukan sebelumnya mengaitkan penyedap rasa dengan obesitas, berat badan, sakit kepala, atau nyeri otot, menunjukkan hasil sebab-akibat yang tidak jelas, tukas Roussell.

Peserta studi yang dianggap mengalami kegemukan akibat MSG lebih karena junk food atau makanan berlemak yang terlalu banyak mereka makan, bukan karena MSG itu sendiri. Beberapa orang juga mungkin memiliki sensitivitas pada makanan tertentu daripada yang lain. (Nailah Azka – www.harianindo.com)

x

Check Also

Wow, Ternyata Tangan Bisa Jelaskan Kondisi Kesehatan

Cara Mudah Mendeteksi Penyakit Dengan Melihat Kondisi Tangan

Jakarta – Mengetahui adanya penyakit sejak dini akan mempermudah seseorang untuk mengobati penyakitnya, dibandingkan bila ...