Home > Gaya Hidup > Segera Minum Teh Yang sudah Diseduh Agar Khasiatnya Tidak Hilang

Segera Minum Teh Yang sudah Diseduh Agar Khasiatnya Tidak Hilang

Segera Minum Teh Yang sudah Diseduh Agar Khasiatnya Tidak Hilang Jakarta – Segera Minum Teh Yang sudah Diseduh Agar Khasiatnya Tidak Hilang. Manfaat teh bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Apapun jenis tehnya baik itu teh hijau, teh hitam maupun teh oolong. Namun banyak yang belum mengetahui ternyata ada aturan minum tah agar manfaatnya didapatkan secara maksimal.

Menurut Emilia E. Achmadi MS., RD, seorang pakar nutrisi, sebaiknya the segera diminum setelah diseduh. Ketika sudah terkena air panas dan terpapar cahaya dan udara, kandungan antioksidan dalam teh biasanya hanya bertahan selama 45 menit. Jika lebih dari waktu tersebut, manfaatnya akan berkurang bahkan hilang.

Emilia menambahkan “Apalagi yang sudah disimpan di dalam kulkas seharian. Hanya jadi minuman teh saja, tapi antioksidannya sudah tidak ada,”

Untuk penderita maag Emilia memiliki anjuran agar hati-hati dalam mengkonsumsi teh. “Jangan, baiknya saat atau setelah makan,”

Khusus untuk teh oolong, sebaiknya diminum saat menyantap makanan berlemak. Karena kandungan antioksidannya akan meminimalisir penyerapan lemak berlebih oleh tubuh. Namun, jika makan daging atau makanan yang mengandung kalsium dan zat besi, sebaiknya minum air putih.

“Teh bisa menghambat penyerapan kalsium dan mineral seperti zat besi. Jadi baiknya minum air putih saja,” lanjutnya.

Minum teh maksimal 2-3 cangkir per hari atau tak lebih dari 500 ml. Sebab teh membuat lebih sering buang air kecil. bahkan, teh mengandung kafein yang apabila dikonsumsi secara berlebihan bisa membuat jantung berdegup lebih kencang.

“Kalau lebih dari tiga cangkir, seimbangkan dengan minum air putih lebih banyak untuk cegah dehidrasi,” pungkasnya.(Nailah Azka – www.harianindo.com)

x

Check Also

Kulit Pisang Ternyata Bermanfaat Bagi Kecantikan Kulit, Begini Caranya

Kulit Pisang Ternyata Bermanfaat Bagi Kecantikan Kulit, Begini Caranya

Jakarta- Bila Anda membuang kulit pisang setelah memakan buahnya, sebaiknya jangan dilakukan lagi. Karena kulitpisang ...