Aplikasi Pencari Restoran dan Makanan Halal di Jepang Mudahkan WisatawanJakarta – Aplikasi Pencari Restoran dan Makanan Halal di Jepang Mudahkan Wisatawan. Jepang adalah Negara yang luar biasa indah. Namun, sala satu kesulitan saat berwisata ke jepang terutama untuk wisatawan Muslim adalah mencari makanan halal.

Saat ini taka da lagi yang harus dikhawatirkan. karena telah ada aplikasi yang dapat membantu wisatawan Muslim menemukan resto dengan menu halal. Aplikasi smartphone “Halalminds” ini, mencoba mempermudah untuk menemukan produk halal dan restoran di Jepang.

Orang yang membuat aplikasi ini adalah Agung Pambudi, Muslim asal Indonsia yang tinggal di Fukuoka, Jepang. Sampai hari ini tercatat telah diunduh 5.000 kali.

Agung mengatakan “sangat sulit untuk menemukan produk halal, terutama di Jepang. Mengapa? Karena bila saya akan membeli beberapa produk di Jepang dan saya tidak bisa membaca kanji (huruf Jepang), ini tidak mungkin bagi saya untuk mengerti jenis bahan yang berada di dalam, “

Dengan bantuan GPS, aplikasi ini juga dapat membantu menemukan restoran dengan menu halal, seperti Konya, salah satu restoran Turki yang berada di Tokyo.

Pemilik Restoran Konya, Ali Tada, adalah orang Turki yang berpindah kewarganegararaan ke Jepang. Ia berpendapat bahwa telah banyak perbaikan selama dekade terakhir. Namun, menurutnya masih sangat sulit untuk menemukan restoran yang menyajikan menu halal.

“Akhir-akhir ini, kata halal sedang ramai diperbincangkan. Dan Olimpiade Tokyo 2020 semakin dekat, namun restoran di mana Muslim dapat makan masih sangat sedikit,” sambungnya.
Menurutnya Ali dengan peningkatan julmah restoran halal akan membuat wisatawan Muslim akan merasa nyaman saat berwisata ke Jepang. (Nailah Azka – harianindo.com)