Home > Travel & Kuliner > Jukut Undis, Makanan Khas Bali Kaya Protein Nabati

Jukut Undis, Makanan Khas Bali Kaya Protein Nabati

Jukut Undis, Makanan Khas Bali Kaya Protein NabatiDenpasar – Jukut Undis, Makanan Khas Bali Kaya Protein Nabati. Saat berkunjung ke Bali, makanan khas yang selalu diingat adalah ayam betutu. Namun tahukah anda sebenarnya masih ada makanan lain yang layak dicoba dengan rasa yang khas dan tidak kalah nikmat dibandingkan dengan ayam betutu. Salah satunya adalah jukut undis.

Jukut undis adalah masakan khas daerah pesisir utara Bali, yaitu kabupaten Buleleng. Jukut dalam bahasa bali berarti sayur, sedangkan undis adalah sejenis kacang hitam berbentuk bulat. Walaupun tekstur pertamanya keras kacang ini akan menjadi empuk dan enak setelah direbus seharian penuh.

Masakan ini lebih cocok untuk yang tidak suka pedas. Paduan antara undis yang dimasak bersama dengan duo bawang, terasi, minyak kelapa dan tidak lupa beberapa rempah khas bali menjadikan jukut undis bercitarasa gurih.

Biasanya jukut undis dengan kuah merah kecoklatan dan sedikit kental ini akan disajikan bersama sepiring nasi campur bali. Bagi anda yang kebetulan ingin mencicipi masakan ini tak perlu jauh-jauh ke buleleng karena di kawasan danau buyan Denpasar terdapat warung jukut undis dengan cita rasa asli buleleng.

Di warung ini nasi campur disajikan dengan topping urap, ayam goreng, ayam suwir, perkedel jagung, tumis kentang, kering tempe, abon ayam, kerupuk dan tidak ketinggalan sambal bongkot atau kecombrang.

Sukaneli, sang pemilik warung menuturkan sehari diperlukan sedikitnya 10 kilogram undis, karena banyak pelanggan yang meminta tambah jukut undis. Seporsi nasi campur dibanderol 15 ribu rupiah sedangakan untuk tambahan jukut undis anda hanya perlu membayar 3 ribu rupiah saja. Warung dengan kapasitas sekitar 20 orang ini buka dari pukul 7 pagi hingga pukul 6 sore waktu Indonesia bagian tengah. (Nailah Azka – www.harianindo.com)

x

Check Also

Ini Harga Kamar Presidential Suite Hotel Tentrem, Tempat Obama Menginap di Yogyakarta

Ini Harga Kamar Presidential Suite Hotel Tentrem, Tempat Obama Menginap di Yogyakarta

Yogyakarta – Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama beserta keluarga melanjutkan liburannya di Indonesia dengan ...