Kecelakaan Pesawat AirAsia: Penyelam Tak Temukan Jenazah di Sekitar Ekor Pesawat



8/01/2015

Kecelakaan Pesawat AirAsia: Penyelam Tak Temukan Jenazah di Sekitar Ekor Pesawat

Foto bawah air puing pesawat Air Asia QZ8501.
(sumber foto: Basarnas)

Pangkalan Bun – Tim Gabungan TNI-AL yang diterjunkan untuk melakukan penyelaman pada pagi hari ini (Kamis, 8/1) di sekitar lokasi penemuan ekor pesawat AirAsia bernomor penerbangan QZ8501 dilaporkan tidak menemukan adanya jenazah korban pesawat naas tersebut.

Serma Marinir, Boflen Sirait, satu dari dua penyelam yang menemukan ekor pesawat QZ8501 untuk pertama kalinya pada Rabu kemarin (7/1), mengatakan bahwa tim penyelam telah melakukan penyisiran untuk mencari jenazah di sekitar ekor pesawat. Namun tim tersebut tidak melihat adanya tanda-tanda tersebut.

Lebih jauh lagi, Boflen mengatakan bahwa seluruh kursi penumpang juga telah lepas dari posisi asalnya. Hal tersebut cukup membingungkan, mengingat panjang bagian ekor yang mereka temukan tersebut mencapai hampir sepertiga dari badan pesawat.

Dan karena cuaca di lokasi yang tiba-tiba memburuk, Boflen dan timnya tersebut terpaksa menghentikan pencarian dan kembali ke permukaan. Mereka hanya mengangkut satu boks, masker oksigen, dan serpihan-serpihan lainnya yang diduga sebagai bagian dari kabin pesawat QZ8501.

Adapun setelah pencarian jenazah ini, tim penyelam yang akan diterjunkan berikutnya akan melakukan pencarian Black Box atau Kotak Hitam dari pesawat AirAsia tersebut, yang sejatinya memang berada di bagian ekor pesawat. Jika Kotak Hitam tersebut belum terlepas dari posisi aslinya dan berhasil didapatkan, maka jelas hal tersebut merupakan satu perkembangan yang luarbiasa baik bagi proses identifikasi penyebab kecelakaan pesawat itu. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)



Google+ comment widget by skipser

Photo Gallery