Android One di Indonesia Akan Dirilis Google dalam Tiga VersiJakarta – Android One, smartphone murah hasil kolaborasi Google dengan vendor lokal Indonesia, akhirnya telah secara resmi diperkenalkan. Nantinya Android One akan dirilis dalam tiga versi yang dibesut oleh tiga vendor berbeda. Evercoss dengan Evercoss One X, Mito dengan label Mito Impact, dan terakhir ada Nexian yang akan merilis Journey.

Berdasarkan pengamatan tim Harian Indo (Kamis, 5/2/2015), walaupun dirilis tiga vendor lokal dengan nama yang berbeda, identitas Android One tetap ditampilkan dalam box agar tetap dapat dikenali oleh konsumen Indonesia.

Dalam waktu dekat ini ketiga vendor bersama Google akan menggelar launching party untuk menyambut peluncuran Android One di Indonesia. Nantinya ketiga vendor rekanan Google tersebut akan mengusung konsep iklan yang berbeda sesuai dengan karakter target penggunanya.

Walaupun dirilis oleh tiga vendor yang berbeda, sebagaimana janji Google sebagai pemilik proyek ‘low cost smartphone’, Android One akan dirilis dengan harga tak sampai Rp. 1,4 juta.

Ketiga versi Android One tersebut juga akan mengusung spesifikasi hardware yang sama, sesuai dengan yang diamanatkan Google. Mulai dari mengusung layar 4.5-inch, disokong prosesor Quad-Core 1,3GHz, kapasitas RAM sebesar 1GB, memori internal seluas 8GB plus slot microSD, serta kamera utama 5MP dan kamera depan 2MP. Tersedia pula baterai 1.700mAh dan sistem operasi Android 5.1 Lollipop. Rencananya Android One akan dirilis serentak pada 16 Februari mendatang, walaupun ada beberapa vendor yang telah membuka sesi pre-order. (Rani Soraya – www.harianindo.com)