Berita ISIS Terkini: 5 Pendana dan Perekrut ISIS di Indonesia DitangkapJakarta – Satuan Tugas Khusus (Satgasus) Anti Teror dari Mabes Polri, bekerjasama dengan Detasemen Khusus 88 (Densus 88) Anti Teror dan Polda Metro Jaya dilaporkan telah melakukan penggerebekan di Perumahan Legenda Wisata Vivaldi, Cibubur, Bogor. Operasi penggerebekan tersebut merupakan bagian dari usaha pemberantasan aktivitas yang terkait dengan kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Dalam operasi enggerebakan yang dilakukan pada Minggu, 22 Maret 2015, tersebut, petugas berhasil mengamankan lima orang tersangka yang berperan sebagai penyokong dana sekaligus perekrut anggota ISIS di Indonesia. Tersangka-tersangka tersebut antara lain Aprianul Henri alias Mul, Jack alias Engkos Koswara, M. Fachri, Furqon, dan Amin Mude.

AKBP Herry Heryawan, selaku Kasubdit Jatanras Diteskrimum Polda Metro Jaya, mengatakan bahwa lima tersangka tersebut diduga terlibat dalam usaha-usaha perekrutan, pembinaan, dan pengarahan pada simpatisan ISIS di dalam negeri sebelum kemudian diterbangkan ke Irak atau Suriah. Mereka melakukan operasinya secara langsung maupun menggunakan media internet. Kelimanya juga melakukan pengumpulan dan penyaluran dana untuk kegiatan sukarelawan ISIS di Indonesia.

Herry melanjutkan bahwa salah satu tersangka, M. Fachri, memiliki website beralamat www.almustaqbal.net yang kerap mengunggah berita provokasi dan propaganda ISIS. Dirinya juga diduga sebagai orang yang mengupload video pelatihan anggota cilik ISIS di Youtube beberapa waktu yang lalu.

Adapun dari operasi tersebut, petugas berhasil menyita beberapa barang bukti seperti sembilan unit handphone, uang tunai senilai Rp 8 juta dan $ 5.300, dokumen-dokumen kelengkapan paspor, tiket, laptop, serta hardisk eksternal. Penggerebekan tersebut dilaksanakan serentak di empat lokasi, yakni di Cisauk Tangerang, Gunung Putri Bogor, Tambun Bekasi, dan Pertukangan Jakarta Selatan. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)