Berita ISIS Terkini: ISIS Rilis Video Tentang Penghancuran Kota KunoHatra – Kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) dilaporkan kembali merilis sebuah video di dunia maya. Dalam video tersebut, diperlihatkan bagaimana mereka menghancurkan kota-kota kuno di Hatra.

Seperti dilansir dari IB Times (Sabtu, 4/4/2015), video berdurasi sekitar tujuh menit tersebut diberi judul “Smashing Idols” (Menghancurkan Idola). Video tersebut dimulai dengan memperlihatka proses penghancuran sebuah situs arkeologi kuno berusia 2.000 tahun yang berlokasi di Niniwe, sekitar 290 km dari Ibukota Irak, Baghdad.

Dalam video tersebut terlihat bagaimana anggota ISIS melakukan pengrusakan terhadap kamera yang dipasang di dalam situs tersebut. Kemudian mereka beralih ke artefak dan hiasan-hiasan yang terdapat di lokasi tersebut.

Dalam aksi vandalisme tersebut, anggota ISIS terlihat menggunakan berbagai senjata seperti kapak, palu besar, senjata bertipe Kalashnikov, dan lainnya. Video proses penghancuran tersebut kemudian mereka unggah ke situs yang memang bisa mereka gunakan untuk menyebarkan video.

Kota Hatra sendiri merupakan kota kuno yang didirikan pada zaman Kekaisaran Seleukia, pada sekitar 300-200 Sebelum Masehi. Kota ini kemudian berkembang lebih besar lagi di zaman Kekaisaran Parthia.

Kota Hatra memiliki arsitektur yang sangat unik, karena memperoleh pengaruh dari gaya bangunan Helenistik dan Romawi, dengan tambahan fitur-fitur dekoratif Timur. Kota ini menunjukkan bagaimana besarnya peradaban kuno di masa itu. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)