Home > Ragam Berita > Kalimantan Selatan Siap Bangun Jembatan Senilai Rp 3,6 Triliun

Kalimantan Selatan Siap Bangun Jembatan Senilai Rp 3,6 Triliun

Kalimantan Selatan Siap Bangun Jembatan Senilai Rp 3,6 TriliunBanjarmasin – Basoeki Hadimoeljono sekalu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengungkapkan jika Pemerintah Daerah Kalimantan Selatan telah mengajukan penawaran pembangunan jembatan dengan nilai investasi mencapai Rp 3,6 Triliun. Basoeki pun mengaku jika rencana tersebut akan segera dimasukkan ke dalam program nasional pemerintah. Jembatan tersebut nantinya akan menghubungkan pulau Kalimantan dan pulau Laut.

Saat ini, pemerintah daerah setempat sedang melakukan kajian dari aspek pengembangan kewilayahan, aspek aspirasi lokal daerah, aspek sistem jaringan, dan aspek teknis dan pembiayaan. Meski demikian, menurutnya hasil studi sementara yang dilakukan oleh pemerintah daerah masih belum memadai.

“Masih ada beberapa yang harus mereka detailkan lagi terutama terkait hal-hal teknik, sehingga masih akan dibahas lagi nanti. Saya minta mereka untuk bahas lebih lanjut dengan Komite Keamanan Jembatan karena ini jembatan panjang,” katanya, Selasa (4 Agustus 2015).

Basoeki mengatakan pemerintah daerah Kalimantan Selatan meminta dukungan pemerintah pusat dalam pendanaan proyek tersebut. Adanya jembatan tersebut diyakini akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi wilayah sekitar.

Jembatan tersebut akan menghubungkan Kabupaten Tanah Bumbu di Pulau Kalimantan dengan Kabupaten Kota Baru di Pulau Laut. Pemerintah Kalimantan Selatan menyiapkan tiga alternatif lokasi jembatan, dengan variasi panjang 6,2 km, 8,32 km, atau 5,88 km. Estimasi biaya mencapai Rp3,6 triliun dengan skema pembiayaan bersama antara pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Pemerintah Kabupaten Kota Baru dan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

“Belum bahas komitmen anggaran pusat. Tapi recananya dua kabupaten akan urunan Rp500 miliar, provinsi juga Rp500 miliar. Selebihnya ya dari pusat,” katannya.

Pembangunan jembatan ini akan diletakkan di dalam kerangka pengembangan kawasan strategis khususnya pengembangan Kawasan industri Batu Licin serta Kawasan Industri Jorong yang keduanya berada di Kalimantan Selatan. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Ini Barang Bukti Pisau Sangkur Yang Dipakai Menusuk Dua Anggota Brimob

Ini Barang Bukti Pisau Sangkur Yang Dipakai Menusuk Dua Anggota Brimob

Jakarta – Dua orang anggota Brimob ditusuk di dalam Masjid Falatehan yang letaknya tidak jauh ...