Jakarta – ASEAN New Car Assessment Programme (ASEAN NCAP) selaku badan yang melakukan pengujian mobil baru kembali melaksanakan tugasnya. Ujian yang dilakukan kali ini terhadap mobil Toyota Rush yang dipasarkan di Indonesia.

Mobil Buatan Indonesia Raih Penghargaan

Mobil SUV yang diuji sendiri merupakan hasil produksi Indonesia. Mobil tersebut sudah dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan seperti anti lock braking sistem (ABS), sistem Isofix, dan dual airbags. Namun mobil asal dengan brand asal Jepang tersebut belum mengadopsi electronic stability control (ESC).

Hasilnya, mobil SUV ini mengantongi bintang empat untuk perlindungan orang dewasa dengan nilai 12,47 dari 16 poin yang disediakan. Sama dengan untuk orang dewasa, perlindungan anak pun juga mendapatkan bintang empat.

Berdasarkan hasil tersebut, lembaga uji coba mobil tersebut mencatat Rush menjadi salah satu mobil yang cukup baik dari sisi keamanan. Sejauh ini sudah ada tujuh mobil SUV di pasar otomotif Malaysia yang sudah di uji coba. Honda CR-V sendiri juga sudah melakoni uji tabrak tersebut.

Uji tabrak ini sendiri dilakukan untuk memastikan mobil SUV tersebut memenuhi standar keselamatan yang ditetapkan Perserikatan bangsa-bangsa (PBB). (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)