New York – Setelah menerima update informasi secara mendetail dari Tim Konsuler KJRI Jeddah, Menteri Luar Negeri Menlu) Indonesia, Retno Marsudi, pun dikabarkan telah bertemu dengan Menlu Arab Saudi, Adel bin Ahmed al Jubeir. Pertemuan keduanya dilangsungkan di sela-sela Sidang Majelis Umum Perserikatan bangsa-Bangsa (PBB), yang dilaksanakan di New York, Senin (28/9/2015) kemarin.
Indonesia Tawarkan Bantuan Kepada Saudi Terkait Tragedi Mina
Dalam pertemuan ini, atas nama Pemerintah Indonesia Menteri Retno menyampaikan keprihatinan dan simpatinya kepada Arab Saudi, atas tragedi Mina. Retno pun menawarkan Bantuan untuk mengidentifikasi para korban yang meninggal akibat insiden tersebut.

Retno cukup percaya diri menawarkan bantuan semacam itu karena memang di level internasional, Indonesia dikenal memiliki kemampuan yang baik dalam hal penanganan korban bencana.

Bantuan ini pun ditanggapi positif oleh pihak Arab Saudi. Menlu Jubeir akan meminta arahan dari Raja Salman mengenai tawaran bantuan dari Indonesia.

“Peristiwa ini bukan hanya musibah bagi Saudi tapi juga musibah bagi kita semua. Jika Pemerintah Arab Saudi membutuhkan bantuan dalam penangannya, sudah sepantasnya Indonesia membantu, apalagi Indonesia adalah penyumbang tersebesar jamaah haji. Kita memiliki kepentingan bersama untuk memastikan penanganan korban sebaik mungkin dan memastikan insiden serupa tidak terjadi lagi di masa mendatang,” tutur Menlu Retno, sebagaimana dirilis oleh Kementerian Luar Negeri Indonesia pada Selasa (29/9/2015).

Tawaran ini sekaligus merupakan tindak lanjut dari kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Raja Arab Saudi beberapa minggu sebelumnya. Dalam pertemuan tersebut, dibahas berbagai upaya penguatan hubungan bilateral antara kedua negara di berbagai bidang, termasuk pengelolaan haji. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)