Home > Olahraga > Balap > MotoGP 2017 di Indonesia Ternyata Tidak Akan Digelar di Sentul

MotoGP 2017 di Indonesia Ternyata Tidak Akan Digelar di Sentul

Jakarta – Sirkuit Internasional Sentul dipastikan batal menjadi tuan rumah dalam salah satu seri balap MotoGP muism 2017 mendatang. Pembatalan tersebut merupakan instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

MotoGP 2017 di Indonesia Ternyata Tidak Akan Digelar di Sentul

Ilustrasi balapan MotoGP.
(sumber: Google)

Pembatalan ini bukan berarti Indonesia menarik tawarannya untuk menjadi tuan rumah dari salah satu seri balap motor bergengsi tersebut. Dilansir dari situs resmi Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, Kamis (28/1/2016), Presiden Jokowi hanya meminta dilakukan peninjauan dan perhitungan ulang mengenai sirkuit mana yang akan digunakan.

“Presiden ingn MotoGP harus ditinjau ulang, bukan berarti batal. (Persiapan) MotoGP akan tetap jalan tapi tidak di Sentul,” ujar Juru bicara Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Gatot S. Dewa Broto, kepada wartawan di kantor Kemenpora, Rabu (27/1/2016).

Presiden sendiri memiliki beberapa pertimbangan dalam menentukan lokasi penyelenggaraan “MotoGP Indonesia 2017” tersebut.

“Selain memacu prestasi olahraga, tapi juga harus jadi magnet baru pariwisata nasional,” demikian penjelasan dari Presiden Jokowi.

Pembatalan penggunaan Sentul ini masih berkaitan dengan masalah dana dan kebutuhan renovasi yang demikian besar. Selain itu, Sentul juga merupakan milik swasta.

“Soal renovasi itu sulit mencari model bisnis yang diupayakan. Simulasi dari beberapa sudut sulit dilakukan karena berpotensi melanggar peraturan,” papar Gatot S. Dewa Broto lagi. (Galang Kenzie Raamdhan – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CAPTCHA Image
Refresh Image

*