Jakarta – Sayur-sayuran merupakan salah satu bahan makanan yang sangat sehat dan dibutuhkan oleh tubuh. Hal tersebut disebabkan oleh tingginya kadar vitamin, mineral, dan serat dalam sayuran yang sangat sehat bagi tubuh.
Cake Bayam, Bikin Anak-anak Antusias Makan Sayur
Meski memiliki banyak manfaat, rasa syaur-sayuran yang cenderung hambar atau bahkan pahit membuat anak-anak enggan menyantap makanan yang satu ini. Padahal, nutrisi yang terkandung di dalam sayuran sangatlah krusial bagi tumbuh kembang mereka.

Melihat keadaan ini, Harian Indo pun coba menampilkan satu variasi olahan sayur yang bakal membuat anak-anak antusias menyantapnya. Seperti dilansir dari buku Camilan Praktis untuk Anak, karya Raditrini, Jumat (19/2/2016), berikut ini resep “Cake Bayam” yang tak hanya nikmat, namun juga sehat.

Bahan-bahan:

200 gr bayam, ambil bagian daunnya saja
75 ml susu
250 gr tepung terigu serbaguna
½ sdt baking powder
250 gr margarin
225 gr gula pasir
4 butir telur ayam

Cara membuat:

1. Kukus bayam hingga matang, angkat dan haluskan dengan blender bersama susu, sisihkan;

2. Di wadah terpisah, ayak tepung terigu dengan baking powder, sisihkan;

3. Di wadah lainnya, kocok margarin dan gula pasir hingga lembut dan pucat. Masukkan telur perlahan sambil diaduk. Tambahkan sedikit demi sedikit tepung terigu dan aduk perlahan;

4. Tuang campuran susu dan garam ke dalam adonan, aduk rata;

5. Masukkan ke dalam cetakan muffin yang sudah dilapisi mangkuk kertas, panggang dalam oven hingga matang dan mengembang;

6. Angkat dan sajikan untuk camilan sehat saat keluarga berkumpul.

Selamat mencoba ~ !

(Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)