Jakarta – Demam gerhana matahari total (GMT) yang melanda di hampir seluruh wilayah Indonesia memang sudah terjadi pada hari ini, Rabu (9/3/2016) pagi. Beberapa momen foto ataupun video pun sudah ramai terlihat di beberapa media sosial yang diunggah oleh sebagian besar netizen yang memang tampak antusias pada GMT2016 kali ini.

GMT 9 Maret Usai, Menanti Gerhana Matahari Selanjutnya 21 Agustus 2017

Usai merayakannya, maka kita pun penasaran kapan gerhana matahari total akan terjadi lagi usai bisa terlihat di Indonesia. Pada tahun depan , fenomena alam yang sungguh menakjubkan ini akan kembali terjadi namun tak lagi di Indonesia, melainkan di beberapa negara Eropa Barat, Asia Utara/Timur, Amerika Utara, Amerika Selatan, Pasifik, Arktik, Atlantik, dan Afrika Utara.

Gerhana matahari ini akan terjadi pada tanggal 21 Agustus 2017 dan fenomena in imerupakan yang pertama semenjak tahun 1979 silam. Gerhana ini bisa dinikmati dengan jelas mulai dari bagian paling timur sampai barat Amerika. Sebelumnya, sebagian besar masyarakat Amerika bisa melihat kejadian ini pada tahun 1918 dan tentunya tahun depan akan ramai dinantikan oleh para warga di Amerika. (Rini Masriyah – www.Harianindo.com)