Baghdad – Perburuan pemerintah Amerika Serikat terhadap ISIS tampaknya belum selesai. Kini mereka menunjukkan keseriusannya di Irak dan Suriah. Buktinya, mereka menambah helikopter tempur Apache. Tujuannya, membantu pengamanan dan serangan terhadap ISIS.

Amerika Serikat Tetap Serius Memberantas ISIS di Irak dan Suriah

Selain itu, Amerika Serikat juga bakal menerjunkan 200 prajurit tambahan lagi ke Irak. Tujuannya, merebut kembali Kota Mosul dari ISIS.

”Kami akan menempatkan penasihat tambahan untuk pasukan keamanan Irak, dan sekarang sampai ke brigade dan markas batalion,” kata Menteri Pertahanan AS Ash Carter, Rabu (20/4/2016).

Hingga kini jumlah tentara Amerka Serikat yang dilibatkan untuk memerangi ISIS telah berjumlah 4000 tentara lebih.

Sebelum mengirimkan bantuan, Ash Carter terlebih dahulu berbicara dengan Perdana Menteri Haider al-Abadi dan Menteri Pertahanan Khaled al-Obaidi sebelum menelpon Presiden Kurdi Masoud Barzani.

”Kita ingin lebih banyak tindakan oleh pasukan Irak menuju kemenangan di sini, dan lebih banyak tindakan akan memerlukan lebih banyak logistik. Jadi itu akan menjadi bagian penting dalam menggalang momentum,” jelas Carter.

Tidak hanya memberikan bantuan dalam hal pasukan dan peralatan tempur, Amerika Serikat juga memberikan bantuan dana sebesar USD 415 juta untuk pasukan Peshmerga Kurdi, yang saat ini sedang krisis akibatnya anjloknya harga minyak dunia. (Tita Yanuantari –www.harianindo.com)