Jakarta – Smartfren resmi meluncurkan aplikasi terbaru mereka yang diberi nama Smart VoLTE. Aplikasi ini dikhususkan untuk para pengguna smartphone 4G agar dapat menikmati layanan VoLTE dari Smartfren. Layanan ini sebelumnya hanya terdapat pada Smartfren Andromax R2 dan E2, namun kini semua pengguna smartphone 4G yang mendukung jaringan 850 mHZ dan 2300 mHZ.

Smartfren Luncurkan Smart VoLTE

Menurut laporan Kompas, Jumat (15/4/2016), dengan aplikasi Smart VoLTE pengguna dapat menikmati layanan VoLTE seperti voice/video call, SMS, USSI, dan conference call. Aplikasi ini memberi kemampuan pada smartphone untuk mendukung teknologi VoLTE, dengan fitur dan kualitas yang sama seperti smartphone Andromax R2 dan Andromax E2 yang telah mendukung teknologi ini sebelumnya.

Berbeda dengan layanan pada aplikasi seperti WhatsApp, Line, Skype, panggilan suara maupun video pada aplikasi VoLTE ini menggunakan tarif dasar sama dengan hitungan pulsa dan waktu bicara. Pengguna yang menggunakan aplikasi ini tetap dapat melakukan panggilan suara ke operator lain yang belum mendukung jaringan VoLTE. Penggunaan tarif pulsa pada layanan VoLTE juga disesuaikan dengan regulasi yang berlaku di tanah air.

Keunggulan VoLTE dibanding panggilan suara pada aplikasi lain adalah karen menggunakan sistem Dedicated Bearer. Sistem tersebut memungkinkan jalur koneksi VoLTE untuk mendapatkan prioritas koneksi saat digunakan. Hal ini tentu berbeda dengan aplikasi lain dimana jalur koneksi bercampur dengan aplikasi lain yang bekerja secara multitasking. (Rini Masriyah – www.harianindo.com)