Baghdad – Ada beberapa wilayah Irak yang di bawah kekuasaan ISIS. Karena itu, pemerintah Irak kini memulai menyerang beberapa kawasan itu. Tujuannya, melakukan pembebasan.

Berita Internasional : Irak Bakal Lakukan Pembebasan Fallujah dengan Operasi Militer

Menurut Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi, pihaknya bakal melakukan operasi militer. Operasi tersebut bakal dilakukan di wilayah Fallujah. Tujuannya, kembali merebut kota tersebut dari tangan ISIS.

Sebagaimana diketahui, kota Fallujah berada sekitar 50 kilometer di sebelah barat Baghdad. Kota tersebut pun telah dikuasai ISIS selama 2,5. Saat ini, kawasan tersebut adalah salah satu benteng utama ISIS. Karena itu, Haider al-Abadi menegaskan bahwa hal tersebut adalah perang yang paling sulit dalam melawan ISIS.

”Kami mulai operasi untuk membebaskan Fallujah,” kata Abadi sebagaimana dilansir dari AFP pada Selasa (24/5/2016).

”Bendera Irak akan dibangkitkan tinggi di atas tanah Fallujah,” sambungnya menegaskan.

Sebelumnya, pada Minggu (22/5/2016), Komando Operasi Gabungan telah memperingatkan warga agar meninggalkan kota tersebut. Namun apabila mereka tidak bisa meninggalkan kota, diminta untuk mengibarkan bendera putih agar tidak terkena sasaran penyerangan. Warga juga diminta untuk menjauh dari wilayah ISIS.

Haider al-Abadi mengatakan, seluruh pasukan dari tentara, polisi, pasukan milisi khusus, dan suku pro pemerintah akan mengambil bagian dalam serangan ini. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)